kaba IPTEK/IT

Teknologi Kesehatan di Masa Depan

Ilustrasi

Teknologi di bidang kesehatan terus berkembang menjadi lebih efisien, lebih mudah dan lebih canggih. Banyak teknologi kesehatan yang saat ini tengah dikembangkan dan diharapkan dapat diterapkan di masa depan. Berikut adalah beberapa contoh teknologi kesehatan yang akan terdapat di masa depan:

1.Virtual reality dan augmented reality

Saat ini teknologi virtual reality dan augmented reality telah banyak digunakan seperti pada permainan.

Namun saat ini teknologi virtual reality dan augmented reality sedang dikembangkan untuk bidang kesehatan. Teknologi ini sangat berguna karena dokter dapat melakukan pemeriksaan pada pasien tanpa harus bertatap wajah. Tentunya hal ini sangat bermanfaat karena dapat menghemat waktu dan lebih efisien.

Selain itu, dengan teknologi ini dokter juga dapat melakukan latihan operasi pada pasien sebelum melakukan operasi yang sebenarnya.

2.Robot

Di bidang kesehatan robot dapat digunakan untuk menjangkau bagian dalam tubuh manusia yang sulit dijangkau. Robot tersebut berukuran sangat kecil dan dapat dikendalikan dengan menggunakan controller sehingga meminimalisir bahaya bagi pasien. Robot juga nantinya dapat diprogram untuk menyerang sel sel penyakit dengan melalui aliran darah pada tubuh.

3.Artificial intelligence

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan dapat digunakan oleh rumah sakit untuk berbagai hal seperti memeriksa dan mendiagnosa pasien hingga  menuliskan resep obat. Penggunaan kecerdasan buatan sangat berguna karena dapat mempermudah pelayanan pasien-pasien dan meringankan pekerjaan dokter.

4.Health monitoring tech

Teknologi yang dapat memantau kondisi kesehatan seseorang sudah banyak digunakan saat ini. Teknologi ini memungkinkan pengguna teknologi ini dapat melihat dan memantau kondisi kesehatan tubuhnya melalui sebuah chip yang ditanam dalam tubuh.

Chip ini nantinya dapat mengirim kondisi kesehatan seseorang seperti detak jantung, tekanan darah hingga kadar gula dalam darah. Informasi ini dapat diakses dengan sebuah aplikasi di smartphone atau device-device lain.

5.Organ atau bagian tubuh buatan

Dengan teknologi, orang-orang dapat membuat bagian-bagian tubuh seperti kaki atau tangan sebagai pengganti bagian tubuh yang telah rusak dan terpaksa diamputasi. Kaki/tangan prostetik ini memungkinkan pemakainya untuk melakukan kegiatan seperti sedia kala sebelum mengalami kecelakaan. Organ organ tubuh seperti mata juga dapat dibuat agar pemakai dapat kembali melihat.

(sumber: kompasiana.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top