Kaba Hobi

Hobi Memancing Ikan? Ini 8 Manfaatnya

Memancing ternyata banyak memiliki sisi positifnya. Bagi sebagian orang, memancing merupakan kegiatan yang menjemukan. Namun tak sedikit pula yang justru dijadikan sebagai hobi.

Kendati disebut hobi aneh, rupanya memancing juga memiliki sisi positif bagi para pemancing itu sendiri. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh berbagia kalangan dan gender ini disebut dapat membuat seseorang lebih bahagia dan lebih bugar. Berikut ini sisi positif hobi mancing:

1. Melatih Emosi

Memancing memiliki manfaat untuk kestabilan emosi seseorang. Emosi di sini tidak dapat dimaknai rasa marah saja, tetapi keseluruhan perasaan yang dikeluarkan seseorang. Seorang pemancing dia dapat mengolah perasaan antara tegang, marah, senang, kesal dan sebagainya.

Perasaan dia luapkan begitu saja sehingga sangat baik untuk kesehatan mental dan jiwanya. Dengan kata lain, pemancing sanggup mengeluarkan sumber-sumber penyakit yang berasal dari stress, tekanan batin, dan beban pikiran sehari-hari.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat kesehatan dari memancing ini sangat berguna untuk otak, yakni meningkatkan tingkat konsentrasi seseorang. Cobalah Anda tes saja, ketika ada orang memancing, Anda buat kaget dari belakang.

Pasti orang itu tersentak atau ‘jimprak’. Itulah salah satu untuk mengetes konsentrasi tidaknya seseorang. Jadi, Anda yang kesulitan berkosentrasi, mudah lupa, sangat baik memulai aktivitas memancing. Dengan satu catatan, Anda harus dapat mengendalikan emosi, sabar, dan memang harus melatihnya.

3. Kemampuan Bertahan

Yah, manfaat satu ini didapatkan dari waktu yang dipergunakan pemancing yang kadang sulit dinalar oleh orang awam. Bayangkan, barang kali Anda pernah menemui pemancing tipe ini: berangkat pagi dan pulang malam.

Atau, berangkat malam pulang pagi. Jelas kemampuan bertahannya sangat hebat. Terutama pemancing sungai, dia bisa tahan berjam-jam dari gigitan nyamuk, hawa dingin, terik matahari, dan lainnya. Anehnya, pemancing tipe ini jarang sakit. Oleh karena itulah, memancing memberikan manfaat kemampuan bertahan seseorang yang luar biasa.

4 . Diet Berat Badan

Asyik dan konsentrasinya memancing ikan sering melupakan pemancing maniak untuk makan. Bila memancing seharian, bisa pemancing maniak makan cuma 1 kali.

Bila Anda memiliki berat badan berlebihan dan ingin diet, aktivitas memancing dapat menjadi strateginya. Rasa lapar itu sanggup dilupakan apabila Anda mampu berkonsentrasi dan menikmati betul-betul aktivitas memancing seperti pemancing maniak.

5. Menjaga Daya Penglihatan

Aktivitas memancing bisa menjaga daya penglihatan Anda. Hal ini karena mata Anda sering dilatih untuk melihat pelampung kail, gerak ikan di air jernih, dasar kolam atau sungai, dan melilit tali kail di pancing ikan yang kecil. Kebiasaan ini akan selalu melatih dan menjaga daya penglihatan Anda.

6. Memperluas Pergaulan

Tak hanya baik untuk kesehatan, hobi memancing juga mendatangkan banyak teman dan meluaskan pergaulan, dimana para pemancing bisa saling bertukar pikiran dan informasi terkait hobi yang digelutinya. Tak jarang dari hobi tersebut tercipta pertemanan bahkan hubungan kekeluargaan hingga menjadi relasi bisnis.

7. Melatih Kesabaran

Memancing juga dapat memberikan efek sabar dalam sebuah usaha meraih sesuatu. Ini tercermin dalam momen-momen memancing, butuh waktu yang tidak sedikit, dan bahkan berjam-jam menunggu umpan dimakan ikan, berkali-kali pula mencoba untuk menangkap ikan yang memakan umpan. Sebuah usaha yang ternyata melatih kesabaran.

8. Hobi Menyenangkan

Memancing merupakan hobby yang menyenangkan. Dengan memancing, seseorang mendapatkan pengalaman menarik serta sensasi tersendiri ketika berhasil mendapatkan tangkapan dengan alat pancingnya. Lokasi-lokasi memancing juga menjadi ajang liburan dan wisata bagi keluarga.

(Sumber: mancingmania.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top