Kaba Pemko Bukittinggi

60 Restoran dan Hotel di Bukittinggi Sudah Dipasang Smart Tax

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 60 Restoran dan hotel yang ada di kota Bukittinggi telah dilakukan pemasangan Smart Tax berupa Tapping Box, pos android dan web kilen. Selanjutnya, 15 restoran dan hotel lain masuk dalam daftar terjadwal untuk dilakukan pemasangan alat pemantau dan perekam transaksi itu.

Kepala Badan Keuangan Bukittinggi, melalui Zulfikar, Kabid Pendapatan, mejelaskan, smart tax seperti tapping box merupakan alat yang digunakan untuk memantau transaksi dari suatu tempat usaha secara online. Sehingga dengan pemasangan itu, pemerintah dapat memantau berapa transaksi yang tercatat di suatu hotel dan restoran, sebagai landasan penghitungan pajak.

“Pemasangan tapping box dilakukan untuk mengetahui berapa omset dari objek pajak khususnya hotel dan restoran. Sehingga tidak ada lagi kebocoran dari objek pajak yang dimaksud, karena besaran pajak yang dikenakan, dihitung dari jumlah omset yang objek pajal dapatkan dari hasil usahanya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Zulfikar, menyampaikan, untuk kota Bukittinggi terdapat 81 objek pajak, 55 diantaranya hotel dan 19 restoran serta parkiran. Beberapa objek pajak, memang ada dipasang lebih dari satu tapping box, sesuai jumlah kasir yang ada.

“Dari 75 objek pajak yang ada, 60 diantaranya telah dipasang tapping box. 15 objek pajak lainnya masuk dalam daftar terjadwal. Memang ada beberapa objek pajak yang keberatan dipasang tapping box ataupun smart tax lainnya. Namun, kami akan beri pengertian agar tidak terjadi miss komunikasi, sehingga smart tax dapat dipasang di setiap objek pajak, sebagai salah satu pendapatan asli daerah kota Bukittinggi,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top