Kaba Otomotif

Mobil Anda Boros? Ini 4 Penyebabnya

Instagram: @bankmegaid

Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya akan sakit kepala jika harga bahan bakar minyak (BBM) naik cukup tinggi.

Kendaraan yang irit konsumsi bahan bakarnya tidak serta merta membuat Anda nyaman. Justru kendaraan yang irit BBM dapat menjadi boros akibat dari permasalahan teknis yang disebabkan oleh pengendara itu sendiri.

Dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia, borosnya konsumsi bahan bakar sebuah mobil itu disebabkan oleh 4 faktor, antara lain yaitu:

1. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor akan menyebakan penumpukan kotoran pada aliran udara yang masuk. Hal ini tentu akan menghambat performa kendaraan terutama di sektor pacu sehingga menimbulkan gejala ‘ngelitik’ atau disebut juga dengan knocking.

2. Kerak di Ruang Mesin

Penyebab lain dari borosnya BBM sebuah mobil juga dapat disebabkan oleh adanya kerak pada ruang mesin. Kerak ini seolah-olah menjadi momok yang menakutkan seiring dengan usia kendaraan yang semakin lama semakin menua. Kemunculan kerak pada ruang mesin dapat membuat volume ruang bakar menjadi menyempit sehingga mengurangi produksi tenaga dari mesin tersebut.

3. Lubang Nozzle Injector Tersumbat

Faktor lain yang membuat kendaraan menjadi lebih boros BBM adalah tersumbatnya lubang nozzle injector. Terjadinya sumbatan cukup lazim karena memang ukuran lubang yang terbilang mungil sehingga rawan untuk terjadinya sumbatan. Hal ini secara langsung dapat mengakibatkan kendaraan Anda menjadi lebih boros dalam mengkonsumsi bahan bakar

4. Piston dan Ring Piston Aus

Faktor terakhir yang membuat kendaraan Anda menjadi lebih boros BBM adalah ausnya piston serta ring piston pada bagian mesin. Jika kedua part tersebut terkikis, maka tentu akan mengurangi kompresi kendaraan sehingga berdampak pada terjadinya penurunan performa mesin kendaraan Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan mesin menjadi loyo namun menggelontrolan bahan bakar yang sangat besar.

Itulah beberapa faktor yang membuat kendaraan Anda menjadi boros konsumsi bahan bakar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

(Sumber: otomart.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top