Kaba Perempuan

7 Tips Untuk Perempuan Berhijab Saat Mendaki Gunung

Ilustrasi

Untuk perempuan berhijab, saat traveling mereka seringkali direpotkan dengan hijab apa yang akan dipakai atau juga hijab cadangan, apalagi kalau naik gunung.

Ini beberapa tips untuk perempuan berhijab biar tetap cantik dan syar’i saat mendaki gunung:

1. Bawa pakaian yang menyerap keringat, tapi menghalau udara dingin. Pilih yang nggak terlalu tebal, dan tak terlalu tipis.

Untuk kamu berhijab, tentu kamu menggunakan pakaian lengan panjang. Ini bagus juga agar kulitmu tidak tergores-gores ranting pohon saat masuk hutan. Jangan pernah gunakan celana jeans untuk mendaki gunung, kakimu bisa gampang pegal gara gara aliran darah yang terhambat karena celana yang terlalu ketat.

2. Kalau bisa, jangan bawa pashmina. Hijab paris yang lebih tipis sangat disarankan. Apalagi yang ‘timbal balik,’ jadi makin hemat bawaan

Pilih saja hijab yang bisa digunakan di dua atau tiga baju sekaligus, hijab timbal balik namanya. Dengan begini, akan lebih menghemat jumlah hijab yang kita bawa, dan tentu membuat ransel kamu makin ringan.

Kamu juga harus menghindari pashmina. Bahannya yang cenderung lebih tebal dan bentuknya lebih panjang dipastikan akan banyak memakan tempat di tas, plus cukup merepotkan untuk hiking. Melepas lilitan-lilitan pashmina serta pentul dimana-mana itu butuh waktu. Yang disarankan ialah hijab paris.

Bahannya yang tipis serta mudah kering bisa jadi pilihan paling tepat untukmu mendaki gunung. Cukup dengan sebuah peniti atau jarum pentul, dijamin kamu tidak akan ketinggalan rombongan perjalanan karena masih sibuk mengatur hijab sana sini.

3. Biar hijabmu nggak kusut, jangan letakkan di bagian bawah saat packing

Gulung hijabmu dulu, lalu usahakan jangan ditempatkan pada bagian paling bawah ransel. Karena hal inilah biasanya yang akan membuat hijabmu kusut.

Usahakan membungkusnya dalam plastik, pun begitu dengan baju gantimu. Karena cuaca di gunung tidak bisa ditebak. Kalau hujan tiba-tiba datang, kamu bisa melindungi pakaian dan hijabmu dengan adanya plastik.

4. Dua bawaan wajib perempuan saat naik gunung, pembalut dan deodorant

Ketika mendaki gunung, badan pasti penuh keringat dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi, solusinya bawa deodorant ukuran kecil. Kalau pembalut ini juga amunisi wajib kalau pas tamu bulananmu datang. Jangan lupa juga bawa banyak kantong plastik kecil, lalu masukkan ke dalam kantong plastik besar. Jangan campur kantong itu dengan barang bawaan di dalam carrier lainnya. Jangan coba-coba meninggalkan pembalut bekas di hutan.

5. BAB, kamu harus bawa tisu kering dan basah

Sudah jadi rahasia umum, kalau tisu bisa menjadi andalan untuk digunakan sebagai alat bersih-bersih. Bawa aja yang banyak, toh benda ini ringan dan praktis. Kalau kamu mau BAB ataupun BAK, pilih tempat yang terlindungi baik oleh semak belukar maupun pepohonan.

Atau kamu bisa juga memilih menggunakan pelindung dari sarung. Lebih baik kamu nggak usah sembunyi-sembunyi, minta temanmu untuk nemenin atau bantuin.

6. Walau di gunung, ibadah pun tak boleh ketinggalan. Kalau tak punya mukena ringan, kamu bisa gunakan jilbab lebar

Sekalipun kamu tengah mendaki, tentu dong siapapun sepakat untuk tidak boleh melupakan ibadah. Kamu bisa membawa mukena yang ringan dan praktis untuk digunakan pada waktu waktu shalat. Kalau kamu nggak punya mukena ringan, kamu bisa memanfaatkan jilbab yang lebar untuk menutupi bagian atas tubuh, terutama bagian kepala. Dan tentunya kamu juga punya sarung tangan untuk menutupi tangan, serta kaus kaki. Tuhan maha memudahkan, percayalah.

7. Tidurpun kamu harus tetap menggunakan hijab. Namun, sesekali saat beristirahat bukalah ikatan rambutmu.

Namanya menggunakan hijab, memang paling enak jika rambut diikat agar tidak gerah. Tapi yang perlu diperhatikan juga ialah untuk membuka ikatan tersebut saat kamu melepas hijab yang kamu kenakan. Atau saat di gunung misalnya, kamu terpaksa tidur menggunakan hijab, jangan lupa buka ikatan rambutnya. Supaya rambutmu tetap bisa bernafas. Satu lagi, sebisa mungkin ada teman yang juga cewek. Pastikan kamu bisa satu tenda sama cewek aja.

(sumber: hipwee.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top