kaba IPTEK/IT

Kemajuan IPTEK di Indonesia Sekarang

Ilustrasi

Saat mendengar kata IPTEK, pasti kita berfikir tentang gadget, laptop, tv, dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut adalah bukti dari kemajuan IPTEK Indonesia saat ini. Bahkan tidak hanya dalam bidang informasi dan komunikasi, masih banyak lagi kemajuan iptek dibidang-bidang lainnya seperti bidang pendidikan, kedokteran, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Saat ini memang teknologi sangat dibutuhkan. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok, khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi.

Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.

Namun disamping kebermanfaatan iptek tersebut, ternyata adapula dampak negatif dari kemajuan iptek. Kemajuan iptek mempengaruhi pola pikir masyarakat indonesia bahkan anak karena adanya media elektronik yang menampilkan berbagai siaran yang kurang bermanfaat, dan ternyata kemajuan iptek menghilangkan budaya Indonesia dengan adanya gedung-gedung mewah seperti apartemen, perhotelan, mall, dan lain-lain, karena dengan adanya gedung-gedung mewah tersebut mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern.

Begitu juga terhadap pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas. Secara jangka panjang, perkembangan IPTEK memberikan arti yang sangat positif, namun di sisi lain, tidak sedikit pula yang membawa dampak negative.

(sumber: kompasiana.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top