Kaba Terkini

Terancam Hanyut, Kompleks Kuburan di Cacang Randah Dipindahkan Warga

Tiku, kaba12.com — Dampak hujan lebat yang memicu sering meluapnya sungai Batang Tiku, di nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara, yang kerap merendam areal pemukiman dan lahan pertanian, membuat resah masyarakat.

Bahkan, akibat sering terjadi banjir, mulai mengancam kompleks pandan pakuburan warga di tepi sungai Batang Tiku di Bukik Selasih Kubu Durian, jorong Cacang Randah, nagari Tiku Utara yang terancam masuk sungai.

Bahkan, tebing dekat kompleks pandan pekuburan tersebut sudah mulai tergerus air yang mendekati kuburan warga, sehingga dikuatirkan akan menyebabkan hanyutnya kompleks pekuburan itu jika tidak segera diantisipasi.

Karena kuatir akan dampak banjir dan luapan sungai Batang Tiku tersebut, beberapa keluarga sudah mulai mengantisipasi dengan memindahkan beberapa kuburan keluarga mereka ke lokasi yang lebih aman, Jumat,(7/2).

Menurut Weri Ikhwan, Kasi.PEM Kecamatan Tanjung Mutiara, pemindahan kuburan oleh beberapa keluarga tersebut, karena kuatir akan dampak luapan air sungai Batang Tiku yang kerap banjir dan mengancam lokasi kuburan famili mereka.

Proses pemindahan kuburan oleh beberapa keluarga tersebut, disaksikan langsung beberapa kerabat yang bersangkutan, bersama aparat nagari dan kecamatan termasuk Bhabinkamtibmas, ” proses pemindahan kuburan berjalan lancar, ” jelas Weri Ikhwan.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, aliran sungai Batang Tiku kerap meluap, apalagi beberapa waktu belakangan curah hujan tinggi, sehingga dikuatirkan wilayah itu akan kembali menjadi sasaran banjir.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top