Kuliner

“Aia Aka” Minuman Berkhasiat Khas Ranah Minang

Lubukbasung, Kaba12.com — Selain dikenal dengan alam dan budayanya yang eksotis. Sumatera Barat juga terkenal akan kulinernya yang beragam serta mengunggah selera.

Salah satunya adalah Aia Aka, minuman yang menyegarkan dan berkhasiat ini ada di seluruh daerah di Sumatera Barat. Bahkan Aia Aka pernah memenangkan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018 lalu kategori minuman terpopuler. Hal tersebut membuat kuliner ini banyak dicari masyarakat.

Aia Aka adalah minuman varian cincau di Sumatera barat, namun pada minuman ini warnanya sedikit berwarna kehijauan dan cerah. Aia Aka terbuat dari saripati daun Cylea barbata atau daun cincau yang sudah mengental.

Dalam penyajiannya, Aia Aka biasa disajikan dengan air perasan jeruk nipis ataupun santan kental manis yang dicampur air gula merah.
Selain itu minuman ini juga berkhasiat bagi tubuh, salahsatunya mengurangi panas dalam bagi penderitanya.

“Selain itu Aia Aka juga berkhasiat untuk mengobati sariawan, menyehatkan jantung, dan menyegarkan tubuh,” kata Yurnalis (51) salah seorang penjual Aia Aka di Pasa Lamo, Lubukbasung, Sabtu (01/2).

Pria yang sudah berjualan sejak 22 tahun lalu itu menyebutkan, untuk menikmati Aia Aka ada dua varian yakni, dicampur dengan air asam ataupun dengan santan kental manis.

Ia menambahkan, biasanya pembeli Aia Aka datang dari berbagai daerah di Kabupaten Agam seperti Tiku, Lubukbasung, Ampek Nagari, Palembayan, Maninjau dan sebagainya. “Tapi yang paling banyak membeli warga sekitar, karena telah berlangganan sejak dulu,” sebutnya.

Untuk harga satu gelas Aia Aka tidaklah mahal, satu gelas aia aka dengan campuran air kacang dan asam dihargai sebesar Rp4.000, begitu juga aia aka yang dicampur dengan santan dan air gula merah.

“Alhamdulillah dengan harga yang murah meriah minuman ini sering dicari masyarakat untuk mengobati panas dalam ataupun pelepas dahaga,” ujar Yurnalis.

Bagaimana, anda tertarik mencobanya?.
(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top