Kaba Terkini

Warga Gempar, Harimau Mengganas Terkam Induk Sapi di Lubukbasung

Lubukbasung, kaba12.com — Diduga habitatnya makin terganggu, kawanan harimau hutan makin berani masuk ke perkampungan penduduk.

Seperti halnya Senin,(20/1) diduga dua ekor harimau Sumatera memangsa sapi betina peliharaan warga di Kampung Melayu, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubukbasung.

Diduga aksi harimau hutan itu berlangsung Senin pagi, dimana warga menemukan induk sapi lokal berumur 7 tahun tersebut ditemukan tergeletak tak bernyawa dengan beberapa bagian tubuh terkoyak kuku tajam cakaran harimau.

Informasi yang diperoleh kaba12.com di Lubukbasung Senin, sapi peliharaan itu ditemukan pertama kali oleh pemiliknya Wir (37) dalam seadaan sekarat terpisah dari kelompoknya, sapi yang sudah berdarah-darah itu sedang lari sempoyongan, diduga baru diserang harimau tersebut.

Karena kuatir sang raja hutan masih berada di sekitar kawasan itu, Wir kemudian lari sambil berteriak minta tolong warga namun saat kembali ke lokasi kejadian bersana warga, Wir menemukan sapinya tersebut telah mati.

Mendapati kejadian tersebut warga langsung gempar dan melaporkan kasus itu pada pihak terkait.

Menurut Dodi Raswandi, petugas veteriner Dinas Pertanian Agam yang terjun ke lokasi kejadian, kepada wartawan di Lubukbasung, menyebutkan, dari jejak yang ditemukan di lokasi kejadian, diperkirakan yang memangsa ternak sapi warga tersebut adalah Harimau Sumatera yang diduga berjumlah dua ekor.

Pasalnya, Dodi Raswandi menyebut, sesuai temuan jejak disekitar lokasi kejadian ditemukan dua jejak kaki harimau Sumatera dengan ukuran berbeda.

Dijelaskan Dodi, pada bagian tubuh sapi tersebut juga ditemukan luka bekas cakaran dan gigitan pada pangkal leher sebelah atas dan paha kiri sebelah belakang dengan ukuran yang berbeda.

Kasus munculnya harimau yang menerkam ternak warga itu sudah ditangani pihak BKSDA Agam, dimana langkah-langkah antisipasi dilakukan termasuk himbauan pada warga untuk waspada.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, kemunculan harimau di perkampungan warga di wilayah Lubukbasung itu, sudah beberapa kali terjadi, termasuk akhir tahun lalu diduga harimau Sumatera menerkam ternak sapi peliharaan di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Jorong Cumateh, nagari persiapan Sungai Jariang, yang hingga kini keberadaan harimau tersebut masih tak jelas karena usai memangsa ternak warga, langsung menghilang ke belantara hutan di wilayah Lubukbasung.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top