Kaba DPRD Bukittinggi

DPRD Bukittinggi Komit Kawal Pembangunan Rusunawa

Bukittinggi, KABA12.com — Keterlambatan pembangunan rusunawa, ternyata menjadi perhatian DPRD kota.Bukittinggi. Pimpinan dan Komisi III DPRD Bukittinggi, langsung meninjau lokasi, Kamis (16/01).

Kadis Perkim Bukittinggi, Erwin Umar, menjelaskan, rusunawa dibangun sebanyak 42 unit dengan dana APBN Rp 15 milyar lebih. Lantai 1, 10 unit, lantai 2, 16 unit dan lantai 3, 16 unit. Target awal, pembangunan rusunawa dilaksanakan selama 100 hari kerja, sampai Desember 2019.

“Namun, karena ada kendala dari pelaksana, pembangunannya mengalami keterlambatan. Untuk itu, Satker dari provinsi secara administrasi memperpanjang masa kerja sampai 90 hari kerja. Namun estimasi 60 hari kerja, pekerjaannya selesai dan dapat segera dioperasionalkan, sementara ini berjalan, kami juga akan menyusun draf dan perencanaan serta peraturan untuk syarat bagi calon penghuninya nanti,” jelasnya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi, Maderizal, menyampaikan, kunjungan ke lapangan dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan pembangunan rusunawa. Setelah dicek, memang ada keterlambatan dari pelaksana.

“Untuk itu, kami dari DPRD berkomitmen, untuk mengawal ini dan mendorong pekerjaannya dapat selesai dengan segera. Meskipun dibangun dengan dana APBN, kita akan tetap kawal karena ditujukan untuk warga Bukiittinggi,” ungkap Maderizal diamini anggota komisi III lainnya.

Maderizal juga menyampaikan, rusunawa ini berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektar. Untuk itu, masih ada kemungkinan untuk tambahan satu tower lagi. “Ini juga akan kita dorong terus agar terwujud,” tambah Maderizal.

Sebelumnya, rombongan kunjungan lapangan dari DPRD Bukittinggi ini, juga meninjau objek wisata panorama. Di lokasi itu, ditemukan beberapa sarana prasarana dan fasilitas umum yang mulai rusak. “Ini akan dilakukan peremajaan, akan kita susun juga anggarannya. Termasuk perbaikan akibat longsor di dekat tower. Ini juga jadi perhatian kita untuk segera diantisipasi agar objek wisata panorama aman dan nyaman untuk dikunjungi. Kami komisi III akan segera melakukan rapat kerja dengan SKPD terkait, untuk percepatan pelaksaan APBD 2020 dan perencaanaan APBD 2021,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top