Kaba Pemko Bukittinggi

Gandeng Sy.Dt.Palang Gagah, Ramlan Nurmatias Minta Doa Restu Niniak Mamak

Bukittinggi, KABA12.com — Petahana H. M. Ramlan Nurmatias, SH DT. Nan Basa meminta izin dan doa restu kepada Niniak Mamak Kurai V Jorong, untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah Kota Bukittinggi 2020, September mendatang.

Ramlan mengatakan ia akan maju di Pilkada Bukittinggi 2020 bersama Syahrizal DT. Palang Gagah yang juga Ketua LKAAM Kota Bukittinggi.

Hal itu disampaikannya dihadapan Niniak Mamak saat kegiatan Pembubaran Panitia Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 235 di rumah dinas Walikota Belakang Balok, Selasa (14/01).

Menurut Ramlan, beberapa orang Niniak Mamak sebelumnya pernah menemuinya untuk menanyakan apakah akan maju kembali sebagai calon wali kotta di Pilkada 2020. Saat itu, Ramlan menjawab akan difikirkan terlebih dahulu.

“Kemudian, kami mencoba melakukan semacam survei. Alhamdulillah, dukungannya cukup luar biasa. Ada masyarakat menginginkan kami maju lagi di Pilkada 2020. Untuk KTP juga telah dikumpulkan sebagai salah satu syarat untuk kembali maju dari jalur independen,” ujar Ramlan.

Ramlan menambahkan, khusus calon pendamping, ia juga banyak pertimbangan dari Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan beberapa tokoh lainnya. Kemudian, ia mengajak Syahrizal Dt.Palang Gagah berbicara apakah bersedia maju mendampinginya.

“Kita juga bicara bagaimana membangun Bukittinggi kedepan. Ada tidak niatnya memajukan dan membangun kota ini. Saat itu, penuh pertimbangan dan pemikiran dari Inyiak Sy.DT.Palang Gagah sangat baik dan niatnya adalah membangun daerah. Akhirnya, beliau pun menyatakan ingin menghibahkan pemikirannya untuk Kota Bukittinggi,” terang Ramlan.

Dalam kesempatan itu, Ramlan meminta izin dan doa restu kepada Niniak Mamak, Pangulu Pucuak dan tokoh adat lainnya, untuk maju kembali di Pilkada 2020 bersama H.Syahrizal DT. Palang Gagah.

Ramlan turut mempromosikan Sy.Dt. Palang Gagah. Selama ini, orang hanya memanggil beliau dengan sebutan “Inyiak” atau “Inyiak Gagah”. Sekarang, saatnya masyarakat mengetahui siapa Syahrizal Dt.Palang Gagah tersebut.

Terakhir, Syahrizal merupakan ASN Pemko Bukittinggi dengan jabatan terakhir Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi.

“Kedepan, kita ingin santun dalam berpolitik. Nantinya, kami harus cuti. Karena bagi Petahana yang maju di Pilkada, harus mengambil cuti. Kami harapkan pula Inyiak Syahrizal DT. Palang Gagah dapat menghibahkan pemikiran dan ide bernasnya, untuk Kota Bukittinggi periode mendatang,” pungkas Ramlan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota, Irwandi, juga menyampaikan niatnya untuk tidak maju dalam pilkada 2020 ini.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, kami ingin menikmati hari tua. Sumbangan pikiran tentu masih kan terus kami berikan jika dibutuhkan. Kami pun akan selesaikan amanah ini hingga akhir jabatan nanti,” jelas Irwandi dihadapan Niniak Mamak yang hadir pada kegiatan itu.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top