Bukittinggi

Gubernur Resmikan Rumah Gadang Alumni SMKN 1

Bukittinggi, KABA12.com — Rumah Gadang Alumni (RGA) SMK Negeri 1 akhirnya diresmikan. Peresmian RGA dilakukan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Sabtu (11/02) di lingkungan SMKN 1 Bukittinggi.

Kegiatan itu dihadiri Kapolda dan Forkopimda Sumbar, Walikota Bukittinggi beserta Forkopimda, mantan guru serta Alumni SMKN 1 atau STM Negeri.

Ketua umum DPP alumni STM Negeri, Brigjen pol (purn) Edmon Ilyas, menjelaskan, RGA dibangun sejak 3,5 tahu lalu pada tahun 2016. RGA berdiri atas gotong royong dan kiprah dari alumni SMKN 1.

“Semula dirasa rencana ini ambisius karena membutuhkan dana hampir Rp 1 Milyar, tapi Alhamdulillah terwujud berkat swadaya dan gotong royong bersama para alumni. RGA semula memang hanya untuk kantor sekretariat alumni, tapi terjadi perubahan desain menjadi 2 lantai, dilengkapi dengan ruang tamu dan ruang rapat bahkan ada 2 kamar tidur lengkap kulkas dan AC, dapur dan toilet. Lantai 2 bisa untuk acara baralek. RGA juga terbuka bagi masyarakat, alumni, siswa, guru dan mantan guru,” jelasnya.

Kepala SMKN 1, Muhammad Dinin, mengucapkan terima kasih kepada alumni yang sudah berupaya keras sehingga RGA terwujud.

“Kalau bukan karena upaya alumni maka RGA belum tentu akan terwujud. Secara sistematis alumni pun membimbing adik kelasnya masuk ke dunia industri, sehingga mampu berkarya dalam bidang industri,” ungkapnya.

Kedepan ia berharap RGA makin memperkuat jalinan komjunikasi antara pihak sekolah dengan alumni. Salah satunya akan dimanfaatkan untuk kegiatan alumni dan kegiatan kemasyarakatan yang lain.

“Jumlah siswa SMKN 1 ada 1.712 siswa saat ini, tapi masih belum ada masjid yang representaatif, kami juga mohon doa dan dukungan dari kita semua sehingga ini bisa terwujud,” ujarnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengatakan atas nama pemko mengucapkan terima kasih dan selamat berkumpul kepada alumni yang telah memikirkan SMKN 1 kedepan.

Sesuai UU 23, SMK telah diserahkan ke Provnsi. Tanah SMK ini termasuk yang terbesr lebih kurang 3,5 hektare, karena itu perlu dikembangkan maksimal.

Pemko Bukittinggi akan menganggarkan pembangunan Mushalla yang besar, sesuai dengan komitmen kota Bukittinggi untuk mendidik keagamaan siswa. Tentu diharapkan pula kiprah Pemprov dan DPRD.

“Dunia pendidikan tentu tidak akan berhenti berjalan, walaupun SMKN 1 dibawah tanggung jawab propinsi, namun Pemko akan tetap memperhatikan. Terbangunnya RGA merupakan contoh nyata persatuan para alumni mengembangkan sekolahnya, kami berharap kedepan akan tetap berlanjut,” ungkap Ramlan.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengatakan, alumni STM negeri hebat sehingga mampu berkiprah untuk sekolah. Satu hal yang pasti saat alumni berkumpul adalah silaturahmi contohnya terbangunnya RGA ini.

“UU nomor 20 tentang Sisdiknas, jelas betul mengatur partisipasi masyarakat kepada dunia pendidikan. Kalau ingin sekolah kita maju, maka alumni harus turun tangan. Pemprov Sumbar tidak punya uang banyak, sehingga partisipasi alumni dan masyaarakat sangat dibutuhkan. Pemprov pun akan membantu semampunya. Hari ini kita resmikan sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan mushalla SMKN 1 Bukittinggi,” jelasnya.

Irwan Prayitno berharap RGA dapat dipakai, dirawat, dipelihara dan dijaga sehingga manfaatnya besar dan terasa bagi sekolah, alumni dan masyarakat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top