Kaba Terkini

45 Tim Qasidah Meriahkan Festival Tingkat Sumbar di Simawang

Tanah Datar, KABA12.com — Sebanyak 45 tim qasidah rabana berbagai daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat, ikut dalam Festival Seni Qasidah Rabana (FSQR) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Festival yang diadakan untuk kedua kali ini dibuka secara resmi oleh Camat Rambatan Liza Martini, di Lapangan Congkong Jorong Batulimbak Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Minggu (12/01).

Ketua pelaksana FSQR, Rahmat Hidayat, melaporkan, acara qasidah rabana diadakan dalam rangka mensyiarkan agama islam ditengah masyarakat yang diselenggarakan setiap tahun. Tema FSQR kali ini adalah “Melalui Festival Qasidah Rabana Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Persatuan dan Kesatuan”. Peserta yang mengikuti festival tahun ini sebanyak 45 unit tim qasidah dari berbagai daerah kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar.

“Peserta tahun ini berjumlah sebanyak 45 unit tim qasidah rabana yang berasal dari berbagai daerah di Sumbar. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan kepada tim qasidah yang sudah berpartisifasi mengikuti lomba tahun ini,” ujar Rahmat Hidayat.

Acara pembukaan FSQR berlangsung meriah, hadir Betty Shodiq Pasadigue, mantan Camat Rambatan Dedi Triwidono yang kini menjabat sebagai camat Tanjung Emas, Anggota DPRD Tanah Datar Adrijinil Dt. Rangkayo Muli dan Alimuhar Sutan Tunaro, Sekcam Rambatan Sukmawati, Wali Nagari Simawang Marliyus, Ketua BPRN S.Dt. Rajo Nan Hitam, tokoh masyarakat M. Nur Idris, Wali Jorong se-Nagari Simawang, ninik mamak dan bundo kanduang serta ratusan masyarakat Nagari Simawang dan peserta FSQR se-Sumbar.

Sementara itu Wali Jorong Batulimbak, Israk selaku tuan rumah, menyampaikan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan peserta menghadiri FSQR tahun ini. Wali jorong yang masih lajang dan dekat masyarakat ini, juga menyampaikan bahwa acara festival ini akan diadakan setiap tahunnya.

“InsyaAllah akan kita adakan setiap tahun dan kami sangat mengharapkan dukungan masyarakat dan perantau untuk tahun depan” ujar Israk.

Camat Rambatan Liza Martini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan salutnya kepada Wali Jorong dan masyakatnya mengangkat acara Festival Qasidah Rabana tahun ini.

Pelaksanan FSQR ini diharapkan sebagai upaya pengembangan potensi seni budaya Islam pada masyarakat, memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai budaya Islam.

“Kegiatan FSQR ini dapat melestarikan seni Islam yang mulai terkikis oleh budaya modern dan mewariskan juga memperkenalkan kepada masyarakat akan ketinggian, keluhuran seni, membangun dan memperkuat tali silaturrahmi dalam ukuwah Islam,” kata Liza Martini memberikan apresiasi sekaligus membuka secara resmi acara festival FSQR, yang baru minggu ini dilantik sebagai Camat Rambatan menggantikan Dedi Triwidono.

Sejalan dengan itu, tokoh masyarakat Nagari Simawang M. Nur Idris menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Nagari dan Jorong Batulimbak serta masyarakat terutama majelis taklim yang sudah mengangkat acara festival Qasidah Rabana ini. Ia berharap acara semacam ini bisa diadakan setiap tahun sebagai media mensyiarkan nilai-nilai ajaran islam ditengah masyarakat.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa atas diselenggarakan acara FSQR. Sebuah jorong tapi bisa mengadakan acara tingkat provinsi ini suatu yang luar biasa dan patut kita acungkan jempol. Apalagi peserta banyak dari luar nagari simawang, mudah-mudah tahun depan bisa diadakan dan ditingkat kembali” ujar M. Nur Idris.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top