Kaba Pemko Bukittinggi

Wanita Asal Canduang Jadi Guru Besar Fakultas Keguruan Universitas Syiah Kuala

Bukittinggi, KABA12.com — Prof. Dr. Rahmah Johar, M. Pd, salah satu tokoh perempuan Minangkabau yang berhasil mendapatkan nama besar dalam dunia pendidikan.

Sosok wanita kelahiran Canduang ini, dikukuhkan sebagai guru besar fakultas keguruan Universitas Syiah Kuala, Aceh.

Dalam pengukuhan yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala, Senin (23/12), Prof. Dr. Rahmah Johar, mengangkat tulisan terkait peningkatan profesionalisme guru melalui pendidikan matematika realistik. Dimana, ia berupaya mensosialisasikan bahwa matematika itu, bukanlah suatu pelajaran yang sulit dan “menakutkan”.

Baca Juga:  "Pasukan Kuning" Terima Zakat dari Iwapi

“Dengan pendekatan realistik, mengarahkan pelajar untuk mengikuti pola atau keteraturan, matematika yang ditakuti selama ini, dapat menjadi pelajaran yang realistis dan diminati siswa,” ungkapnya.

Dengan penelitiannya itu, Prof. Dr. Rahmah Johar, M. Pd, menjadi satu dari tiga dosen di Indonesia, yang diundang khusus oleh Pemerintah Belanda, karena penelitian matematika realistis.

Baca Juga:  Nilai SAKIP Kota Bukittinggi Naik Peringkat

“Peningkatan profesionalisme merupakan topik yang tidak ada akhirnya, karena inovasi dalam pembelajaran selalu muncul seiring dengan tantangan perubahan zaman. Sasaran dari pengembangan profesionalisme guru ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan karakter siswa melalui pendidikan matematika realistik,” jelasnya.

Baca Juga:  Safari Ramadhan Bukittinggi Dimulai

Prof. Dr. Rahmah Johar, M. Pd dalam karirnya, telah membuat 44 buah publikasi artikel ilmiah dalam jurnal. Selain itu, adik kandung dari Ismail Johar, Assisten II Setdako Bukittinggi itu, juga telah menyelesaikan 14 buah penelitian ilmiah.

(Ophik)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top