Kaba Terkini

Ring of Wonderful Tilatang Kamang

Catatan : Andini Miza Putri

Bertopografi daerah yang cukup unik, kecamatan Tilatang Kamang dikelilingi bukit yang berbentuk tapal kuda.

Tidak heran, banyak bentukan alam menarik tercipta disana, ditambah dengan bersatunya 3 nagari, Nagari Gadut,Nagari Kapau dan Nagari Koto Tangah, semakin menambah nilai khusus bagi kecamatan Tilatang Kamang.

Pasalnya, setiap nagari juga memiliki potensi alam sendiri yang bisa diandalkan untuk memajukan segala bidang kehidupan.

Bagi suatu daerah,memiliki potensi alam yang beragam adalah sebuah anugerah. Tidak terkecuali bagi kecamatan Tilatang Kamang yang berada di Kabupaten Agam,Sumatera Barat.

Kecamatan yang memiliki luas 105,90 km² ini, dikaruniai keindahan alam yang luar biasa, kekayaan hasil buminya,serta keberagaman flora dan fauna.

Berbagai inovasi dilakukan agar segala potensi alam Tilatang Kamang, yang tidak hanya indah dipandang mata, namun juga bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya.

Kali ini, dengan mengusung tagline Ring of Wonderful Tilatang Kamang, kecamatan ini siap mengajak para pengunjung untuk Ayo ke Agam.

Nagari Gadut yang menjadi salah satu andalan dari Kecamatan Tilatang Kamang, merupakan daerah yang memiliki beragam potensi alam dataran, perbukitan, persawahan dan ngarai.

Keberagaman ini yang kemudian melahirkan banyak potensi yang menjanjikan, baik dari segi pariwisata, kuliner maupun pertaniannya.

Dari segi pariwisata, Nagari Gadut memiliki panorama Padang Hijau yang mampu memanjakan mata dengan deretan perbukitannya, ditambah dengan ngarai- ngarai yang memiliki pesona tersendiri untuk dijelajahi bagi para penguji nyali.

Dibidang pertanian, Gadut tidak hanya dikenal sebagai salah satu daerah penghasil jeruk, namun sejak dulu, juga dikenal sebagai daerah penghasil ubi yang kemudian diolah menjadi kerupuk sanjai. 

Kemudian Nagari Kapau  begitu dikenal dengan kulinernya yang mampu memanjakan selera.

Nasi Kapau, telah lama mengharumkan nama nagari ini,tidak hanya di Indonesia namun juga mancanegara.
Ada cita rasa unik yang dihasilkan dari campuran beberapa menu dalam sajian Nasi Kapau, yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu makanan wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke ranah ini.

Seolah tidak ingin ketinggalan dari 2 nagari lainnya, Nagari Koto Tangah, turut menambah khazanah kekayaan alam Tilatang Kamang.

Banyak bentukan alam yang kemudian dijadikan objek wisata. Bantoroyo salah satunya.

Usianya padahal baru 1 tahun, namun keindahan yang dimilikinya tidak kalah dibanding objek wisata lain yang telah lebih dulu ada.

Menawarkan konsep alam, lokasi ini memiliki banyak spot-spot yang membuat pengunjung betah berlama disana.

Menyatunya 3 nagari dengan beragam potensi alam, menjadikan Tilatang Kamang sebagai salah satu daerah di Kabupaten Agam memiliki nilai lebih dalam segala hal.

Melalui tagline Ring of Wonderful Tilatang Kamang, berbagai lini kehidupan akan mencapai kemajuan dan juga kesejahteraan. Semoga
(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top