Kaba Terkini

Biduan De-Lima Tilatang Kamang In Action. 5000 Bibit Desember Ini Tuntas

Pakan Kamih,kaba12.com — Inovasi penanaman durian di Tilatang Kamang dengan program De-Lima (Diberi, Digali, Diantar, Ditanam dan Dirawat) sudah mulai bergerak di kecamatan Tilatang Kamang.

Yang membuat program ini unik adalah, bibit durian ini diantar dan langsung ditanam pada lubang tanam yang sudah digali.

Menurut salah satu pemilik lahan Sardaini di Jorong Jalikua Nagari Koto Tangah, memberi apresiasi program penanaman durian yang langsung diantar tersebut.

” Luar biasanya, bibit durian diserahkan kepada saya untuk ditanam di lubang yang sudah di gali, Alhamdulillah,” sebutnya.

Sementara menurut Camat Tilatang Kamang Ade Harlien, menyebutkan, inovasi penanaman durian ini dilakukan secara terukur, dengan memberi durian kepada masyarakat yang sudah mengali lubang tanam dan memberi sebanyak lubang yang sudah digali.

Disebutkan Ade Harlien, durian yang ditanam ini by name by adress dengan konsep COD (Cash On Deleveri) yang dikembangkan melalui Inovasi DE – LIMA Tilatang Kamang.

” Apabila masyarakat meminta durian tapi tidak diiringi dengan lubang yang digali, tidak kita beri, lubang yang sudah digali merupakan syarat mutlak,” tegas Camat Tilatang Kamang tersebut.

Seperti halnya Senin,(2/12) tim inovas penanaman durian Tilatang Kamang, mengantarkan bibit durian sebanyak sebanyak 206 batang, yang disebar untuk 24 KK di Kecamatan Tilatang Kamang.

Pada tahap awal,ulasnya, ditargetkan 5000 batang bibit durian yang tersedia sudah tertanam di kecamatan Tilatang Kamang dan akan dirampungkan selama bulan Desember ini.

Secara khusus Ade Harlien, mengucapkan terimakasih kepada H. Andi Sahrandi tokoh perantau Kapau yang telah mensuplai bibit durian untuk kecamatan Tilatang Kamang, ” ini bentuk dukungan beliau menyukseskan gerakan Agam Menyemai khususnya di kecamatan Tilatang Kamang,” sebut Ade Harlien.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top