Kaba Terkini

Lahan Terbakar di Kubangan Matur. TRC-KSB Pro-Aktif

Matur, kaba12.com — Kebakaran lahan warga yang terjadi di dusun Kubangan Jorong Sidang Tangah Nagari Matua Mudiak kecamatan Matur, Jumat,(8/11) malam mendapat perhatian luas banyak pihak.

Tidak hanya tim Damkar- Satpol PP Agam yang terjun ke lokasi kejadian, tapi juga Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Agam bersama person KSB Sidang Tangah, ikut memadamkan api secara manual, karena lahan cukup jauh dari jalan masuk.

Kebakaran lahan milik Salamah,(70), hangus terbakar seluas 1,5 hektar, membuat gempar masyarakat, pasalnya kawasan lahan yang terbakar, berada di areal hutan yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, dan tidak ada akses jalan yang memadai sehingga menyulitkan armada pemadam kebakaran menjangkau lokasi kebakaran.

” Proses pemadaman terpaksa dilakukan secara manual, dan api sudah berhasil dipadamkan,” ungkap walijorong Sidang Tangah Agus.

Informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan, lahan yang terbakar merupakan milik Salamah (70), yang sengaja membuka lahan bersama kelompok tani dengan membabat rimba dua hari yang lalu.

Diduga,karena cuaca panas, pemilik lahan yang sudah ditebangi dan dibersihkan meninggalkan begitu saja, Jumat sore, muncul percikan api yang langsung membesar.

Lahan yang dibuka untuk pertanian tersebut terbakar, tidak diketahui sumber api penyebab kebakaran. Namun, lahan seluas 1,5 hektar semoat hangus dimamah api dan berhasil dipadamkan secara manual oleh masyarakat.

Sementara dua unit mobil pemadam kebakaran yang datang kelokasi kejadian, tidak bisa berbuat banyak, karena tidak bisa masuk ke lokasi, dan bergabung bersama masyarakat memadamkan api secara manual, dibantu anggota KSB, dan TRC BPBD Agam.

Kabid.PK BPBD Agam Yunaidi yang berada di lokasi kejadian, berkoordinasi dengan pihak nagari dan kecamatan serta pihak keamanan dimana disekitar lahan tidak terdapat rumah penduduk yang membahayakan.

” Kita berupaya mengambil langkah antisipasi meluasnya kebakaran, Alhamdulillah, kerja keras tim Damkar, BPBD ,KSB, masyarakat, aparat kepolisian, TNI dan unsur lain berhasil memadamkan api, walau secara manual, sehingga lahan yang terbakar tidak meluas,” sebut Yunaidi.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top