Kaba Terkini

KUBE PKH Banuhampu Berpacu Capai Graduasi Mandiri

Pakan Sinayan,kaba12.com — Kecamatan Banuhampu, salah satu dari 6 kecamatan di kabupaten Agam, yang menerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) yang sasarannya adalah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) telah memiliki usaha produktif, tahun 2019.

KUBE PKH untuk RTM yang mendapat dana stimulan dari Ditjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI, masing-masing Rp.20 juta per kelompok KUBE.

KUBE PKH yang berdiri atas kesepakatan bersama anggota PKH untuk membentuk kelompok usaha bersama, yang dikecamatan tersebut sudah terbentuk 10 kelompok yang tersebar di 3 nagari masing-masing 3 KUBE di Nagari Cingkariang , 2 KUBE di nagari Kubang Putih dan 5 KUBE di nagari Pakan Sinayan, yang seluruhnya sudah mulai eksis dan berkembang dalam bidang usaha.

Seperti dijelaskan Intan Rahmadhani, pendamping PKH dan KUBE di kecamatan Banuhampu, yang menyebutkan jenis usaha yang dilakukan oleh anggota PKH masing-masing 1 KUBE ternak ayam dan 9 KUBE tanaman holtikultura yang terdiri dari berbagai jenis tanaman seperti cabai, buncis, jagung, sayur manis, lobak bulat , terong dan bawang prai.

“Hal ini disampaikan oleh

Ditambahkan, Intan Rahmadhani, kegiatan kelompok ini telah berjalan lebih dari 1 tahun, dengan modal awal berasal iuran anggota kelompok.

Setelah dilakukan verifikasi dan validasi kelompok KUBE oleh Kemensos RI akhir tahun 2018, pendamping PKH membuat Rencana Usulan Kegiatan usaha (RUKU) belanja dan proposal kegiatan usaha kelompok kube dengan kelompok KUBE, dilanjutkan dengan bimbingan teknis pelatihan bagi pengurus KUBE pada Agustus 2019.

” Alhamdulillah, tanggal 29 oktober 2019, 10 kelompok KUBE tersebut mencairkan dana Rp 20.000.000, di Bank BNI cabang Bukittinggi, yang kini menjadi modal tambahan bagi para anggota KUBE tersebut,” ulasnya.

Intan Rahmadhani, selaku pendamping PKH, optimis dengan dukungan modal usaha dari Kemensos RI tersebut, akan menjadi kekuatan pendorong semakin banyaknya anggota PKH dan RPM menjadi warga graduasi mandiri,” kami optimis akan hal itu,” sebut Intan Rahmadhani.

Disisi lain, Kadis Sosial Rahmi Artati, berharap kegiatan pemberdayaan kelompok KUBE dapat meningkatkan kemandirian kelompok dan yang lebih utama KPM PKH ini bisa Graduasi mandiri, dan dari kepesertaan PKH dari keluarga pra sejahtera menjadi keluarga sejahtera.

” Kita berharap, dukungan semua pihak bisa mendorong graduasi mandiri sehingga anggota KUBE PKH bisa sejahtera,” sebut Rahmi Artati.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top