Kaba Terkini

Perjuangan Buahkan Hasil. Rohana Kudus Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Lubukbasung,kaba12.com — Perjuangan berat ahli waris bersama pemerintah kabupaten Agam dan Pemprov.Sumbar untuk menjadikan Rohana Kudus, wartawati perempuan pertama di Indonesia asal Koto Gadang, kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam Sumatera Barat, sebagai pahlawan nasional pada pemerintah pusat akhirnya membuahkan hasil.

Bahkan, perjuangan berat itu, sudah 2 kali ditolak pemerintah pusat dan baru tahun 2019 ini, presiden Joko Widodo menetapkan Rohana Kudus sebagai pahlawan nasional dan dijadualkan Jumat,(8/11) akan dilaksanakan penganugerahan gelar di Istana Negara, Jakarta.

Kepastian penganugerahan gelar pahlawan nasional itu dibenarkan Asisten II Sekab Agam Yosefriawan, dan Kadinas Sosial Agam Rahmi Artati, setelah mendapatkan tembusan surat dari Pemprov Sumbar.

Dijelaskan Yosefriawan, penetapan gelar pahlawan nasional itu diputuskan dalam pertemuan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden Joko Widodo, Rabu,(6/11).

Dijelaskan, Rohana Kudus pernah dua kali diusulkan Pemkab.Agam, ahli waris bersama Pemprov Sumbar sebagai pahlawan nasional dari provinsi itu, terakhir diusulkan tahun 2018.

Disebutkan Rahmi Artati, Rohana Kudus, merupakan wartawan perempuan di Sumbar lahir di Koto Gadang, Kecamatan IV Koto tanggal 20 Desember 1884 dan meninggal di Jakarta pada 17 Agustus 1972 dalam usia 87 tahun.

” Alhamdulillah, ikhtiar bersama kita membuahkan hasil, beliau ditetapkan sebagai pahlawan nasional, kira sangat bersyukur,” sebut Rahmi Artati, Kadinas Sosial Agam.

Terkait dengan prosesi penerimaan penganugerahan tanda jasa dan gelar pahlawan nasional dari Presiden Jokowi, Jumat,(8/11) di Jakarta, menurut Kadinas Sosial Agam Rahmi Artati, masih dalam proses pembahasan dengan pihak Pemprov Sumbar.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top