Kaba Terkini

Tim Bulan PRB 2019 BPBD Agam Kunjungi Desa Air Mesu, Bangka Belitung

Pangkal Pinang,kaba12.com — Rombongan Peserta Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) VIII-2019 BPBD Agam, di hari ketiga melaksanakan Field Trip ke Mesu, kabupaten Bangka Tengah, Sabtu,(12/10).

Rombongan BPBD Agam yang bersama rombongan provinsi Sulawesi Utara ke Desa Air Mesu Kecamatan Bangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, disambut group seni Rudat Senandung Kalbu, bersama Bupati Bangka Tengah diwakili Kadis. Kominfo Bangka Tengah, Irwandi S.STP.

Rombongan BPBD Agam bersama BPBD Sulawesi Utara di desa yang dalam penanganan mitigasi bencana akibat di daerah tersebut terdapat lobang- lobang bekas tambang timah, karena pemerintah setempat belum mampu menutup kembali lobang penggalian tambang itu.

Kadis Kominfo Bangka Tengah Irwandi S.STP, menyebutkan kehadiran rombongan bulan PRB Agam dan Sulawesi Utara, diapresiasi khusus dalam upaya membangun lahan yang ditinggal usai penambangan.

Daerah timah yang idealnya harus ada SOP untuk perusahaan setelah usaha penambangan harus ditutup kembali atau reklamasi, karena besarnya dana reklamasi maka banyak penimbunan lobang tidak terlaksana.

Dengan tidak terjaganya alam maka terdapat retakan yang ada di daerah Bangka, yang harus dikembangkan harus dikaji dampak dan pengurangan risiko bencana.

Ketua rombongan kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Utara DR. Joy Oro, M.Si bersama Kabid PK BPBD Agam Yunaidi, S menyerahkan bantuan bibit yang dibawa dari daerah masing -masing dan segera ditanam di Desa Air Mesu sebagai bentuk kepedulian kebencanaan untuk menanam.

Kepala Desa Air Mesu, Sumirzan, sangat berterimakasih atas kehadiran dalam memotivasi masyarakat Bangka Belitung, dalam menghijaukan daerah itu karena dampak penambangan maka daerah itu saat ini menjadi tandus.

Rute field trip kedua menuju pantai Telentang III di Bangka Tengah dan rombongan bertemu dengan Kepala BNPB Letnan Jendral Doni Munardo, yang memantau kegiatan jambore bickers se Sumatera dihadiri 1.250 bickers.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top