Kaba Terkini

Nagari Koto Baru Salo Gelar Sosialisasi PRB

Baso, kaba12.com — Nagari Koto Baru Salo kecamatan Baso Agam gelar sosialisasi pengurangan risiko bencana (PRB) di aula kantor nagari Rabu,(9/10).

Bahkan, walinagari sengaja memberi kesempatan pada masyarakat dan aparat pemerintahan nagari untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan kesiapsiagaan dan tanggap bencana berupa penyuluhan, sosialisasi, dan simulasi kebencanaan.

Menurut Ir.Erman, saat membuka penyuluhan, sosialisasi dan simulasi yang diberikan oleh tim BPBD Agam dan Bidang Pemadam Kebakaran kabupaten Agam itu diikuti 80 orang tokoh masyarakat, aparat pemerintahan nagari beserta masyarakat itu, mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada nara sumber yang memberikan penjelasan penanggulangan bencana yang harus disiapkan oleh keluarga, masyarakat dan komunitas.

Ditambahkan, penanggulangan bahaya kebakaran akibat kelengahan warga bisa berpotensi besar dab merugikan, sehingga masyarakat diberi keterampilan praktis cara memadamkan api.

Dalam kegiatan itu, juga digelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi keluarga, komunitas dan tokoh masyarakat nagari terkait dengan hal-hal kebencanaan sangat perlu mengingat kecamatan Baso khususnya Nagari Koto Baru merupakan wilayah berpotensi bencana yang perlu mendapat perhatian dan kerjasama saat terjadi bencana.

Sementara menurut tim BPBD Agam Deni Gusrianto dan Erianto dari bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, yang turun bersama tim Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP- Damkar Agam, Rino Aditya menyebut, pentingnya setiap nagari ada kelompok yang siap terjun kapan saja, jika terjadi bencana seperti kelompok siaga bencana (KSB) yang akan membantu gerak cepat dari BPBD dalam menanggulangi bencana yang ada di nagari atau jorong.

Begitu juga perlu tim khusus Balakar untuk membantu bil terjadi kebakaran menjelang kendaraan pemadam sampai dilokasi.

Acara penyuluhan, sosialisasi tanggap bencana sebagai langkah awal peningkatan kapasitas bagi masyarakat nagari berlangsung selama satu hari sebagai pengetahuan praktis yang dapat dijadikan dasar mengambil sikap bila terjadi bencana dan kebakaran.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top