alterntif text

Bukittinggi

RRI Rayakan HUT ke 74

Bukittinggj, KABA12.com — Hari Ulang Tahun ke 74 Radio Republik Indonesia (RRI) di Bukittinggi, diperingati dengan ceremonial Penyulutan Obor Tri Prasetya. Acara itu berlangsung di LPP RRI Bukittinggi pada Rabu (11/09). Nampak hadir Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Forkopimda Bukittinggi, Kepala LPP RRI, perwakilan beberapa daerah, Anggota DPRD Kota Bukittinggi dan SKPD terkait.

Direktur Utama LPP RRI M. Rohanudin dalam sambutan langsung dari Jakarta, mengatakan RRI saat ini hadir untuk Indonesia bertoleransi. Ia mengingatkan angkasawan-angkasawati RRI di Tanah Air, agar lebih mempertajam konten siaran melalui berbagai inovasi, yang berakselerasi dengan dinamika kekinian.

M. Rohanudin meminta agar seluruh Angkasawan-Angkasawati fokus dan serius melaksanakan program siaran mitigasi bencana Kentongan, baik program siaran maupun ketersediaan fasilitas atau sarana prasarana tanggap bencana di masing-masing Satket. Selain itu, siaran RRI juga mengoptimalkan pelaksanaan reformasi birokrasi yang bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Pada Tahun 2019, RRI juga telah mendesign program terintegrasi dengan diluncurkannya program siaran mitigasi bencana Kentongan sebagai program khusus RRI dalam meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim sejalan dengan program prioritas nasional, serta membangun nasional News, Management yang terintegrasi, antara Pusat Pemberitaan dan seluruh Satker di Tanah Air, dan Siaran Luar Negeri. Saat ini RRI pun memperkenalkan aplikasi terbaru nya lewat RRI Play go. Tetap dengan semboyan “Sekali Diudara, Tetap Diudara”.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Yuen Karnova menyampaikan, peringatan ulang tahun adalah momen menghargai waktu. Momen itu harus diisi dengan tanggung jawab bagaimana memaknai waktu. Inilah yang telah dilaksanakan RRI. “Kita telah membaca lintasan sejarah, kalau tidak ada RRI, sulit dibayangkan kalau kita bisa merdeka,” ungkapnya.

Tanggal 11 September 1945, RRI telah bertekad dan menyuarakan tiga komitmen yaitu tri prasetya RRI. Menyelamatkan segala alat siaran radio dari siapapun juga yang hendak menggunakan alat tersebut untuk menghancurkan negara, mengemudikan siaran RRI sebagai alat perjuangan dan alat revolusi seluruh bangsa indonesia, dengan jiwa kebangsaan yang murni , hati yang bersih dan jujur serta budi yang penuh kecintaan dan kesetiaan kepada tanah air dan bangsa dan berdiri diatas segala aliran dan keyakinan partai atau golongan, dengan mengutamakan persatuan bangsa dan keselamatan negara, serta berpegang pada jiwa proklamasi 17 Agustus 1945.

“Kita patut berbangga RRI Bukittinggi termasuk pelaku sejarah yang ikut mengemudikan alat keluar masuk hutan demi perjuangan kemerdekaan. Dari Bukittinggi melalui RRI Bukittinggi, diproklamirkan adanya Republik Indonesia agar Indonesia tetap mengudara melalui RRI. Mulai dari Koto Tinggi lewat Badar Alam sampai ke Sumpur Kudus. Dengan PDRI, Republik Indonesia tetap ada lewat suaranya di RRI. RRI telah mengambil peran yang besar dalam perjuangan kemerdekaan. Dengan perjuangan RRI kita tetap ada,” ujarnya.

Persoalannya sekarang lanjut Yuen, bagaimana peran RRI dalam memantapkan generasi muda kedepan. Hari ini apapun yang diminati generasi muda, tidak saja berbasis produk tapi platform. RRI telah mengambil kesempatan itu dengan ikut berbentuk digital. Semoga RRI tetap jaya dan makin berkembang.

Dalam rangka memperingati Hari Radio ke 74 tahun 2019, RRI Bukittinggi menggelar sejumlah kegiatan dengan melibatkan pemerintah kota, organisasi, pensiunan, serta masyarakat. Diawali dengan perlombaan olahraga, napak tilas atau mengingat kembali sejarah perjuangan RRI Bukittinggi di Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota, kegiatan indonesia berdonor yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, gerak jalan sehat bersama disabilitas yang diikuti ratusan kalangan difabel atau orang dengan kebutuhan khusus, serta anjangsana ke panti asuhan, dan rumah pensiunan RRI yang berada dalam kondisi tidak sehat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top