Kaba Terkini

BNNP Sumbar Tantang Pemkab Agam Bentuk Nagari “Bersinar”

Lubukbasung, KABA12.com — Kasus peredaran obat-obat terlarang (Narkotika) saat ini tak terbendung lagi, bahkan Presiden Republik Indonesia sendiri telah menyatakan “Indonesia Darurat Narkoba”.

Penyebaran barang haram itupun juga tak lagi pandang buluh, masuk kesetiap kalangan bahkan hingga ke pelosok negeri, bahkan wilayah Sumatera Barat yang disebut jalur merah peredaran Narkotika seperti Sabu dan Ganja.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat, Brigjen Pol. Drs. Khasril Arifin dalam lawatannya ke Kabupaten Agam, Selasa (10/09) menyampaikan, maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Nagari akhir-akhir ini memerlukan penanganan yang serius.

“Untuk mewujudkan Nagari di Sumbar bersih dari narkoba, pada April lalu kita telah mendeklarasikan Nagari Bersinar di tingkat provinsi. Menindak lanjuti hal itu, dalam kunker ini kita menantang Pemerintah Kabupaten Agam mendorong nagarinya untuk membentuk Nagari Bebas Narkoba,” ujar Brigjen Pol. Khasril di hadapan Forkopimda Plus Kabupaten Agam, Kepala OPD, Camat beserta seluruh Walinagari se-Kabupaten Agam.

Dia menjelaskan, pembentukan Nagari Bersinar itu dilengkapi dengan pembentukan regulasi beserta pengalokasian dana anggaran untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) disetiap Nagari.

“Di Sumbar, Agam rangking tiga untuk kasus narkoba setelah Padang dan Bukittinggi. Oleh sebab itu, pembentukan Nagari Bersinar diharapkan bisa membantu peredaran narkoba di Kabupaten Agam,” harapnya.

Menanggapi tantangan BNNP Sumbar itu, Sekda Agam Martias Wanto mengatakan pihaknya sedang merancang locus nagari yang dibentuk menjadi nagari bebas narkoba (Bersinar).

“Kita saat ini sedang merancang locus nagari yang akan kita bentuk sebagai nagari bebas narkoba. Kita sedang lakukan pemantauan, karena jika tidak dikaji dengan benar, jangan sampai dinagari yang kita bentuk itu itu bersarangnya narkoba nanti. Berapa calon sudah terpantau untuk melaksanakan program ini. Kita sangat inginkan dorongan dari bawah, kepada Walinagari atau bamus yang hadir kita sampaikan bahwa ini merupakan suatu hal yang penting, tolong anggarkan di dana nagari, disamping dana untuk fisik jangan kalah porsinya dengan bidang peningkatan SDM, agama dan persoalan narkoba ini. 82 nagari di Agam semuanya harus siaga, ini tolong betul untuk menganggarkan kegiatan P4GN ini,” jelas Sekda Agam langsung dalam rangkaian kunjungan Kepala BNNP Sumbar di aula utama kantor Bupati Agam di Lubukbasung.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top