alterntif text

Kaba DPRD Bukittinggi

Pidato Kenegaraan Presiden RI, Indonesia Tidak Takut Terhadap Persaingan

Bukittinggi, KABA12.com — DPRD kota Bukittinggi menggelar rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 74 tahun, di Gedung DPRD Bukittinggi, Jumat (16/08). Pidato kenegaraan itu, dilaksanakan dalam sidang bersama DPD-DPR RI, di Gedung DPR RI.

Oesman Sapta Odang, Ketua DPD RI, saat membuka sidang paripurna bersama DPD-DPR RI menyampaikan beberapa motivasi terhadap masyarakat Indonesia. Sejumlah kemajuan telah mulai tampak hingga beberapa tahun terakhir. Berbagai prestasi juga berhasil diraih oleh sejumlah tokoh dari penjuru daerah di Indonesia.

“Ini membuktikan bahwa Indonesia bisa bersaing dan memiliki kekuatan di mata dunia. Ini harus dipertahankan, karena mempertahankan lebih sulit dari pada merebut. Sebagaimana disampaikan Presiden Indonesia pertama, Bung Karno, ‘perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Namun perjuanganmu akan lebih berat karena melawan bangsamu sendiri. Mari jaga persatuan dan kesatuan ini, jaga kebersamaan ini, satu untuk semua, semua untuk satu,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pidatonya, Presiden RI, Joko Widodo, menyampaikan, Indonesia bukan hanya Jakarta, bukan hanya pulau Jawa. Namun Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Marauke.

“Untuk itu pembangunan harus dapat dirasakan di seluruh daerah dan seluruh masyarakat,” tegas Joko Widodo yang pada kesempatan itu menggunakan pakaian adat dari Sasak, NTB.

Lebih lanjut, Presiden RI, menyampaikan, keberhasilan Indonesia merupakan keberhasilan pemerintah, legislatif, tokoh agama, adat dan masyarakat serta pemikiran aktif dari anak bangsa. Namun kedepan masih banyak tantangan yang akan dihadapi.

“Sebagai kepala negara, saya mengajak kita semua untuk optimis dan lebih kerja keras. Saya akan pimpin untuk kemajuan kita bersama. Kita hadapi keterbukaan dengan kewaspadaan. Indonesia tidak takut terhadap persaingan. Kita hadapi dengan kreatifitas dan inovatif. Jangan pakai cara lama. Kita tidak cukup lebih baik dari sebelumnya. Tapi kita harus lebih baik dari lainnya,” himbaunya.

Ketua DPRD Bukittinggi sementara, Asri Bakar, mengapresiasi apa yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo. Dimana, secara garis besar daerah harus mendukung program pemerintah pusat.

“Kita harus menarik materi yang disampaikan Presiden untuk diimplementasikan dan disesuaikan dengan kemampuan daerah dan kearifan lokal kita. Terkait motivasi kepada SKPD, kami juga mengimbau kepada pemerintah daerah melalui SKPD, agar jangan bicara rutinitas saja. Kita harus berani melakukan terobosan dan inovasi untuk bekerja lebih maksimal demi masyarakat Indonesia khususnya di Bukittinggi,” tegasnya.

Disisi lain, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, juga mengimbau kepada seluruh kabinetnya untuk menjalankan amanat dari Presiden RI. Dimana, seluruh SDM dituntut untuk menciptakan inovasi dan tidak bekerja untuk memenuhi rutinitas saja.

“Kedepan, perkembangan era digital semakin bertambah. Kita juga akan memasuki bonus demografi. Untuk itu, mari kita bekerja maksimal, berani berinovasi dan berkreatifitas. SDM dari generasi muda haris disiapkan menjadi SDM yang produktif dan tidak ketinggalan zaman,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top