Kaba Terkini

Inovasi Bedah Rumah Warga BSPS 2019- Kolaborasi Goro di Pasia Laweh

Palupuah,kaba12.com — Pemerintah nagari Pasia Laweh, kecamatan Palupuah gelar bedah rumah program bantuan stimulan perumahan swadaya(BSPS) tahun 2019 di Lereang Jorong Palupuah, Nagari Pasia Laweh,Kamis,(15/8).

Untuk tahun 2019, di nagari Pasia Laweh, Palupuah diprogramkan 24 rumah warga kurang mampu di 7 jorong di nagari tersebut, yang akan dibedah dalam program BSPS dari Kementrian PUPR tersebut.

Walinagari Pasia Laweh, Z.A.Dt.Perpatiah, menjelaskan, program bedah rumah warga kurang mampu itu, merupakan program pemerintah pusat berkelanjutan dalam program BSPS.

Ditambahkan, warga yang berhak menerima bantuan tersebut, harus melengkapi dan membawa persyaratan sesuai ketentuan, yang terdiri dari masyarakat berpenghasilan rendah dibawah UMK.

” Bantuan ini bukan dalam bentuk uang tapi dalam bentuk bahan bangunan yang digunakan untuk rehab rumah,” jelasnya.

Khusus di Nagari Pasia Laweh, pemerintah nagari membuat inovasi, dimana pihak nagari akan mencari 1 kepala keluarga yang tergolong kurang mampu per jorong dan rumahnya direhab dengan “berbasis kaum” dipadu dengan pemerintah nagari, kecamatan serta dunsanak penerima BSPS menggelar gotong royong

Dijelaskan, untuk biaya konsumsi selama kegiatan goro rehab rumah berlangsung, akan dibantu oleh pihak pemerintah nagari.

Alokasi dana BSPS masing-masing warga yang berhak, menerima biaya rehab rumah sebesar Rp 17.500.000, termasuk upah tukang Rp. 2.500.000 dan untuk beli bahan bangunan.

“Program BSPS ini setiap tahun akan kita upayakan masuk ke Nagari Pasia Laweh, ” ulas Z.A.Dt. Perpatiah.

HARMEN/HARI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top