alterntif text

Agam

Qurban Meningkat, 21 ekor Sapi Dipotong di Jorong Palupuah

Palupuah, KABA12.com — Semangat kaum muslim melaksanakan ibadah qurban pada lebaran Idul Adha 1440 Hijriah tidak memudar, bahkan cenderung meningkat, terutama di jorong Palupuah Nagari Pasialaweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam.

Menurut Panitia Qurban, Suprawedi Dt. Kayo di dampingi Rolly Ferdian Pratama, ada sekitar 21 ekor sapi yang disembelih pada lebaran haji tahun ini.

“Alhamdulillah jumlah hewan qurban di Jorong Palupuah meningkat dari tahun lalu. Ada sekitar 21 ekor sapi yang disembelih. Diperkirakan uang yang beredar sebanyak Rp. 380 juta lebih kepada masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya kata Dt. Kayo, pengerjaan hewan qurban dilaksanakan secara gotongroyong oleh masyarakat. Kaum ibu peserta qurban bersama majelis taklim memasak langsung potongan daging qurban itu di pelataran Masjid Djami’ Al Irsyad.

Kemudian daging yang telah masak itu dibagikan untuk warga yang bekerja dan masyarakat yang menyaksikan proses qurban tersebut.

“Semangat qurban warga kita baik yang di kampung maupun yang diperantauan untuk berqurban tahun ini sangat luar biasa. Kita sangat bersyukur dan bangga,” sebutnya.

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan kepada panitia dalam pelaksanaan penyembelihan qurban.

“Tak hanya itu, kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, pemuda dan urang sumando yang sudah bahu-membahu menyelesaikan pekerjaan. Begitu juga kepada ibu-ibu dan Majelis Taklim yang sudah berpartisipasi dalam proses persiapan makan basamo di masjid ini,” ungkap Suprawedi.

Sementara itu, salah seorang perantau asal Jorong Palupuah, Ilham Akbar yang berdomisili di Lembah Gumanti Kabupaten Solok juga sangat bersyukur dan mengapresiasi atas bertambahnya jumlah hewan qurban yang disembelih tahun ini. Menurutnya, hal ini semua berkat kerjasama dan kegigihan Panitia bersama peserta kurban dalam upaya mengumpulkan iyuran selama 1 tahun untuk kurban ini. Ungkapnya.

“Semoga Allah senantiasa selalu menurunkan rahmat dan keberkahan di Jorong Palupuah khususnya Kecamatan Palupuah umumnya, semoga di tahun tahun berikutnya masyarakat dapat kembali berqurban dan Insya Allah semoga jumlahnya pun terus bertambah,” seru Ilham.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top