Kaba Terkini

TMMN ke-105 di Kabupaten Agam Resmi Dimulai

Palembayan, KABA12.com — Gubernur Sumatera Barat diwakili Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) ke- 105 tahun 2019 Kodim 0304 Agam, di Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Rabu (10/07).

Pada kesempatan itu, Bupati Agam, Indra Catri menyerahkan peralatan kerja kepada anggota Satgas dan menandatangani program TMMN ke-105, dilanjutkan pemukulan gong tanda dibukanya TMMN ke-105. kegiatan itu dihadiri Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Kabupaten Agam, serta ribuan masyarakat kecamatan dan tamu undangan.

Dandim 0304 Agam, Letko Inf Victor Andhyka Tjokro mengatakanm, TMMN ke 105 ini direncanakan akan berlangsung mulai 10 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Selama pelaksanaan kegiatan akan dikerjakan peningkatan kapasitas jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 10m, rehab rumah tidak layak huni, sosialisasi anti narkoba, penyuluhan pendidikan, penyuluhan KB dan penanaman bibit tanaman produktif.

“Pada kegiatan TMMN yang ke 105 ini diturunkan 150 personil TNI, dan kita juga dapat dukungan personil dari masyarakat sebanyak 100 orang per hari dari lima jorong yang ada di Nagari Sungai Puar,”ujarnya.

Bupati Agam, Indra Catri mengatakan, TMMN ini merupakan salah satu upaya dalam pemerataan pembangunan di Kabupaten Agam dan Kecamatan Palembayan adalah salah satu daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Agam. Hal ini dicanangkan dalam program gelora palembayan yang dilakukan secara continue setiap tahunnya.

“Kegiatan ini disinergikan dan diintegrasikan untuk meningkatkan akselarasi pembangunan di daerah, supaya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri,” ujarnya.

Bupati menyebutkan, TMMN dilakukan dengan sasarannya adalah daerah yang tergolong tertinggal, terisolir dan terpencil. Kemudian daerah perbatasan serta daerah lain yang terkena dampak bencana alam.
“Untuk itu, Kabupaten Agam menjadi salah satu bagian dari lima lokasi pelaksanaan TMMN di Sumatera Barat,” sebutnya.

Menurut bupati, TMMN telah memberikan bukti nyata membantu pemerintah dalam meningkatkan akselarasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak sebatas itu, TNI diharapkan tetap berkiprah dan terus melakukan evaluasi serta penyempurnaan, supaya TMMN semakin relevan dan membawa manfaat nyata bagi kehidupan masyarakat.
(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top