Kaba Terkini

Bupati Himbau Warga Agam Tingkatkan Kewaspadaan

Lubukbasung, kaba12.com — Bupati Agam melalui Asisten I Sekab Agam Rahman,S,Ip, MM, himbau masyarakat dan warga yang beraktivitas di wilayah kabupaten Agam untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, curah hujan yang beberapa hari terakhir dan diprediksi di wilayah kabupaten Agam beberapa waktu kedepan masih akan turun hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi, akan rentan memicu beragam musibah.

Bahkan, dampak cuaca buruk beberapa hari terakhir, memicu longsor dan banjir, terutama di kecamatan Tanjung Raya, Lubukbasung, Ampek Nagari, Palembayan dan Malalak, yang saat ini ditangani pemerintah.

Rahman menghimbau warga untuk mewaspadai dampak hujan lebat, disertai angin kencang dan petir yang volumenya cukup tinggi beberapa hari terakhir,” kami berharap, masyarakat lebih waspada,” ulasnya.

Bahkan, sesuai pesan bupati Agam, Rahman menambahkan, masyarakat agar bisa menyikapi kondisi cuaca dengan bijak, lebih baik berdiam di rumah saat hujan, angin kencang atau ada petir, dan mencari lokasi aman untuk berteduh jika berada di luar rumah.

Disisi lain, ditegaskan saat ini Pemkab Agam sudah menginstruksikan seluruh jajaran pemerintah sampai ke tingkat nagari dan jorong untuk siaga menghadapi berbagai kemungkinan dan langsung berkoordinasi dengan unsur terjadi jika tejadi musibah atau hal-hal yang merugikan masyarakat.

Terkait serangkaian musibah yang terjadi di kabupaten Agam, baik di Malalak, pencarian orang hilang akibat kecelakaan di Padang Tarok, Baso, banjir di Galapuang, Tanjung Raya, banjir di Ampek Nagari, dan dua titik longsor di Palembayan, saat ini sudah dalam penanganan tim gabungan BPBD Agam.

” Kita berharap tidak ada hal luar biasa yang berpotensi merugikan masyarakat, namun kami berharap, masyarakat meningkatkan kewaspadaan,” harap Rahman lagi.

Data yang dihimpun kaba12.com, serangkaian bencana terjadi sejak Minggu lalu, dan sudah ditangani dengan baik oleh jajaran BPBD Agam, Damkar, pemerintah kecamatan dan nagari, jajaran TNI-Polri, PMI-TAGANA, dibantu masyarakat.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top