alterntif text

Kaba Terkini

Jelang Idul Fitri 1440 H, Pemotongan Hewan di Agam Diperediksi Naik

Lubukbasung, KABA12.com — Lebaran Idul fitri 1440 Hijriyah kian dekat, jumlah pemotongan sapi pun diprediksi meningkat.

Hal tersebut dikarenakan tingkat konsumsi daging masyarakat menyambut lebaran Idul Fitri meningkat.

Menurut prediksi Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Agam, Farid Muslim jumlah pemotongan sapi di daerah itu menjelang lebaran tahun ini sekitar 488 ekor. Dimana pada 2018 sebelumnya, jumlah sapi yang disembelih sebanyak 455 ekor, artinya ada kenaikan sekitar 33 ekor sapi.

Dia mengatakan, pemotongan hewan itu tersebar di delapan dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam,seperti, Lubukbasung, Tanjungmutiara, Ampeknagari, Palembayan, Palupuah, Tanjungraya, Matua dan Malalak.

“Di Kecamatan Lubukbasung ada sekitar 83 ekor sapi yang akan disembelih, Tanjungmutiara 113 ekor, Ampeknagari 88 ekor, Palembayan 116 ekor, Palupuah 11 ekor, Tanjungraya 23 ekor, Matua 19 ekor dan Malalak sekitar 13 ekor,” katanya.

Sementara, untuk delapan kecamatan lainnya seperti, Kecamatan IV Koto, Banuhampu, Ampekangkek, Sungaipua, Tilatangkamang, Kamangmagek, Canduang dan Baso berada di Rumah Pemotongan Hewan Kota Bukittinggi.

Selain untuk dikonsumsi masyarakat, naiknya jumlah pemotongan sapi itu juga dipengaruhi dengan adanya tradisi masyarakat memotong sapi secara bersama dua hari menjelang Idul Fitri atau barantam.

Farid menambahkan, pihaknya juga akan segera menggelar operasi pasar komoditas daging untuk memenuhi lonjakan kebutuhan daging masyarakat selama masa Ramadhan – Lebaran. Operasi pasar itu akan digelar di empat kecamatan seperti Lubukbasung, Ampeknagari, Palembayan dan Palupuah pada 21 Mei mendatang.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top