Kaba Pemko Bukittinggi

Simulasi : Bukittinggi Diguncang Gempa, Pasien RSSN Berhamburan

Bukittinggi, KABA12.com — Gempa tektonik berkekuatan 7,5 SR landa kota Bukittinggi dengan kedalaman 19 km, Jumat (26/04).
Hal ini membuat warga panik, terutama pasien RSSN Bukittinggi.

Pihak rumah sakit langsung mengarahkan pasien melewati jalur evakuasi. Sementara tim siaga bencana langsung tiba di lapangan untuk mendirikan tenda darurat, dapur umum dan sarana prasarana yang dibutuhkan lainnya. Akibat kejadian itu, terjadi kebakaran yang membuat pasien rumah sakit semakin panik.

Sementara, beberapa korban mulai berjatuhan. Namun dengan sigap tim reaksi cepat baik dari BPBD Bukittinggi, PMI, Dinkes, KBLK, Basarnas dan dari rumah sakit sendiri, langsung mengevakuasi korban dengan cepat di titik evakuasi, tepatnya di parkiran RSSN.

Skenario itu diperagakan oleh tim siaga bencana, yang dikoordinir BPBD kota Bukittinggi, dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2019. Simulasi ini dilaksanakan di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi, Jumat (26/04).

Sekretaris Daerah, Yuen Karnova, yang memimpin langsung apel siaga bencana ini, menyampaikan, secara nasional, data menunjukan bahwa pada tahun 2018 jumlah kejadian bencana sebanyak 2.572 dan telah mengakibatkan korban manusia sebanyak 4.814 meninggal dan hilang, 21.064 orang luka-luka, dan 10,2 juta orang mengungsi serta dengan kerugian mencapai lebih dari 100 triliun rupiah, baik kerugian material maupun lainnya.

“Dengan memahami risiko maka kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas sehingga risiko tersebut dapat diperkecil. Konsep Pentahelix adalah solusi. Ada lima pihak yang harus diikutsertakan, unsurnya terdiri atas ABCGM: akademisi (academician), bisnis (business), komunitas (community), pemerintah (government), dan media. Kata kuncinya tetap sama gotong yang merupakan implementasi dari Pancasila,” jelas Yuen.

Di samping meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam menghadapi bencana, masyarakat juga harus mengurangi potensi atau risiko bencana dengan cara mengurangi sumber masalah yaitu kerusakan lingkungan.

“Kita hidup dalam suatu keseimbangan ekosistem di negeri yang indah ini, dengan kekayaan sumber daya alam yang sekaligus juga merupakan ancaman akibat fenomena alam. Jika alam rusak maka ekosistem terganggu dan dampak buruk pasti terjadi,” ujarnya.

Khusus di Bukittinggi, lanjut Sekda, seluruh elemen yang terkait termasuk masyarakat tentu harus mewaspdai setiap bencana. Apalagi Bukittinggi berada di kawasan patahan semangka.

“Sehingga, bencana yang rentan di Bukittinggi ini gempa. Kita tidak tahu kapan terjadinya bencana, namun kita tentu harus waspada. Dengan simulasi ini diharapkan, masyarakat Bukittinggi dapat lebih siaga dalam menghadapi bencana, terutama bagi para tim siaga bencana agar terlatih dalam pengurangan resiko bencana alam,” harapnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Bukittinggi, Ibentaro Samudra, menyampaikan, simulasi ini dilaksanakan serentak secara nasional di masing-nasing daerah, mulai pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan agar terwujudnya kesiapsiagaan bagi stakeholder terkait.

“Tujuannya, lebih kepada mengedukasi peningkatan kapasitas pelaku bencana, mempromosikan latihan kesiapsiagaan bencana, sebagai titik tolak kesiapsiagaan, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan warga dan stakeholder terkait dalam menghadapi bahaya bencana. Sehingga kerugian yang bisa timbul akibat bencana, dapat diminimalisir,” jelasnya.

Apel siaga bencana ini, dihadiri, unsur Forkopimda. Selain itu, simulasi juga diikuti 158 peserta dari pegawai RSSN, Kodim 0304 Agam, Dinkes, PLN area bkt, dinsos/tagana, kblk, ksb stikes perintis, pmi, basarnas, pusdalops/bpbd kota Bukittinggi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top