Kaba Terkini

Warga Pulai Di Agam Temukan Surat Suara Presiden Bertanda Tinta Hitam

Lubukbasung, KABA12.com — Warga Pulai Anak Aia Lubukbasung di TPS 108, Rabu (17/04) pagi sempat dihebohkan dengan ditemukannya surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden bertanda tinta disalah satu bagian gambar pasangan calon.

Menurut keterangan salah seorang saksi partai politik yang tengah bertugas di TPS tersebut, Desmalena menyampaikan, saat warga menemukan hal tersebut, surat suara itupun segera diganti. Namun, hal serupa masih tetap sama, pada paslon presiden nomor urut 01 ditemukan tinta berwarna hitam.

“Karena gambar paslon presiden wakil presiden pada kertas suara itu mengenakan baju putih, jadi tanda tinta hitam itu terlihat. Jadi panitia di TPS langsung mengganti kembali surat suara tetsebut dan dua surat suara yang ditemukan itu langsung dicoret dan dianggap rusak oleh panitia,” ujarnya.

Menurutnya, kerusakan itu mungkin saja terjadi saat pencetakan. Akan tetapi ada kejanggalan lain yang dia lihat pada awal pemilihan dimulai.

“Saat pembukaan segel kotak surat suara tadi pagi, ada kejanggalan yang saya rasa. Dari lima kotak surat suara yang ada, ada satu kotak surat suara yang tidak berplastik dan saat panitia membuka segelnya pun mudah,” ungkapnya.

Saat dirinya menanyakan kepada panitia, tentang kenapa kotak surat suara untuk presiden tersebut tidak berplastik, panitia menjawab bahwa hal tersebut telah diterima seperti itu sejak awal.

Mendapati laporan tersebut Camat Lubukbasung, Murni Idrus langsung mendatangi TPS 108 yang berda di Pulai itu.

Dari hasil pemeriksaannya terhadap surat suara yang rusak itu, Camat Lubukbasung membenarkan bahwa adanya tanda tinta berwarna hitam pada kertas surat suara capres tersebut.

Akan tetapi menurutnya hal itu tidak terlalu kentara dan panitia di TPS pun secara langsung menetapkan bahwa surat tersebut rusak.

“Sebenarnya tidak terlalu bermasalah, tandanya tidak terlalu kentara jika dilihat sekilas. Mungkin itu terjadi saat proses pencetakan dan hal itu pun telah ditanggulangi oleh pantia di TPS untuk menggantinya dengan surat suara yang baru kepada pemilih. Sementara dua kertas surat suara yang dicurigai rusak itu langsung dicoret dan dinyatakan rusak oleh pantia,” ujar Murni Idrus pada KABA12.com.

Camat Lubukbasung menambahkan, untuk di wilayahnya terdapat 238 tempat pemungutan sura (TPS). Hingga pukul 10.45 WIB dari hasil pantauan pihaknya pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Lubukbasung masih berjalan aman dan lancar.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top