Kaba Pemko Bukittinggi

Rusunawa di Bukittinggi Dibangun Satu Tower 42 Unit

Bukittinggi, KABA12.com — Tahapan demi tahapan pemerintah kota Bukittinggi untuk membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) terus dilakukan. Jumat (12/04), Walikota didampingi SKPD terkait bersama pihak PUPR Sumbar, meninjau lokasi Bukik Cegek, kelurahan Bukik Apik, yang akan dibangun rusunawa itu.

Dalam peninjauan itu, Walikota bersama rombongan melihat langsung titik atau batas tanah milik pemerintah, yang akan dijadikan lokasi rusunawa. Karena direncanakan akan ada beberapa tahap pembangunan yang akan dilaksanakan dalam beberapa tahun kedepan.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, didampingi Kepala Dinas Perkim Bukittinggi, Supadria dan sejumlah SKPD lainnya, menjelaskan, rusunawa ini akan dibangun dengan dana APBN. Dimana, Kementerian PUPR melalui Dirjen Penyediaan Perumahan telah menyetujui pembangunan 1 blok rusunawa pada tahun 2019 dengan lokasi Bukik Cegek Kelurahan Bukik Apik dan dengan anggaran lebih kurang Rp 18,2 milyar lebih.

“Jadi untuk tahap awal, kita bangun satu tower dulu, yang direncanakan didalamnya terdapat 42 Unit. Kita prioritaskan nantinya untuk warga yang belum memiliki rumah dengan sistem sewa. Saat ini, prosesnya administrasinya sedang berjalan. Sementara untuk masalah tanah dan jalan sudah tidak ada masalah. UPL/UKL nya pun audah dalam proses,” ungkap Ramlan.

Lebih lanjut, Walikota juga menjelaskan, rusunawa ini dibangun diatas tanah milik pemko seluas 1,8 Ha. Kedepan juga akan ada mini market yang pengelolaannya diharapkan dapat diberikan kepada masyarakat sekitar.

“Lokasi ini juga sangat indah. Kedepan tentu akan kiya kembangkan juga. Karena berdekatan dengan pinggir ngarai, kita akan buka jalan, bikin lokasi wisata dan jogging track untuk olahraga. Lokasi ini juga bebas banjir. Untuk itu mari kita dukung bersama pelaksanaannya agar berjalan aman dan lancar,” ujar Wako.

Sementara itu, Kepala Satker Perumahan Pemukiman Kementrian PUPR Ditjen Penyediaan Perumahan, Nursal, menyebutkan, untuk prosesnya sudah dalam perencanaan pengadaan. Proses tender pun akan segera dilaksanakan.

“Kita harapkan pada pertengahan puasa nanti sudah ada pemenang tender. Sehingga setelah lebaran, proses pekerjaannya akan segera dimulai. Kita juga akan minta pada kontraktor bekerja dengan cepat, agar pembangunannya dapat diselesaikan dalam tahun anggaran 2019 ini, sesuai kontrak kerja nantinya,” jelasnya.

Pemko juga merencanakan, pembangunan rusunawa kedepannya, tidak hanya satu tower saja, namun jiga dapat dibangun hingga tiga tower. Sehingga banyak warga yang belum memiliki rumah dapat tinggal di Rusunawa itu nantinya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top