Agam

Kawanan Debt Collector Diamuk Massa, 1 Tewas

Lubukbasung, KABA12.com — Enam kawanan yang mengaku sebagai Debt Collector (perusahaan leasing) kena batunya saat beraksi di wilayah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (30/03) siang.

Dari enam pelaku, satu orang diantaranya atas nama Muslim (51) warga Jorong Simpang Ampek, Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, tewas saat dibawa ke RSUD Lubukbasung.

Kasat Reskrim Polres Agam Iptu. Muhammad Reza saat dikonfirmasi KABA12.com mengungkapkan, kasus tersebut berawal saat enam kawanan yang mengaku Debt Collector itu mengambil langsung mobil L300 Pick Up BA 8025 BJ milik salah seorang warga Sungai Jariang Lubukbasung yang tengah memanen sawit di Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam sekira pukul 12.00 WIB karena belum membayar hutang.

Enam kawanan dari pihak leasing itu pun langsung membawa kabur mobil tersebut tanpa sepengetahuan pemilik mobil melewati kawasan Lubukbasung hingga aksi tersebut berakhir oleh amukan massa di jalan raya depan kantor Koramil Maninjau Kecamatan Tanjungraya sekira pukul 14.00 WIB.

“Jadi keenam pelaku ini memiliki peran, empat orang sebagai tukang pantau yang berada di mobil Suzuki Karimun BM 1455 ZF dan dua orang lainnya sebagai eksekutor yang menyetir mobil L300. Satu orang yang dinyatakan tewas dia berperan sebagai ekskutor,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasat Reskrim menjelaskan, ribuan massa sempat heboh ingin menghakimi para pelaku yang mengaku Debt Colletor yang diduga telah mencuri mobil tersebut. Emosi masyarakat semakin tak terbendung, saat para pelaku diamankan di kantor Koramil dan Polsek Maninjau.

“Jadi pelaku kabur menggunakan dua unit mobil, satu mobil L300 yang diambil satu lagi mobil Karimun milik mereka. Beruntung mereka sampai di Maninjau diamankan langsung oleh petugas ke kantor Koramil dan Polsek setempat, jika tidak mungkin semuanya akan dihabisi ribuan massa itu,” jelasnya.

Ditambahkan, keenam pelaku yang mengaku sebagai Debt Collector itu yaitunya, P (41) asal Padangpanjang, ES (27), LC (31) dan MI (20) asal Pekanbaru, kemudian D (42) warga Padangpanjang dan Muslim (51) korban yang dinyatakan meninggal dunia asal dari Pasaman Barat.

Hingga berita ini diturunkan, lima orang pelaku yang mengaku sebagai Debt Collector bersama dengan barang bukti berupa mobil L300 dan Karimun telah diamankan di Makopoles Agam di Lubukbasung untuk proses pemeriksaan. Sementara korban meninggal dunia masih berada di RSUD Lubukbasung.

“Kita masih melakukan proses penyelidikan terhadap pelaku, karena saat diminta menunjukkan surat dari perusahaan leasing mereka tidak bisa memperlihatkannya dan kita juga masih menunggu keterangan dari para pelapor dan saksi lainnya,” kata Kasat Reskrim Polres Agam.

Atas kejadian tersebut, Kasat Reskrim Polres Agam Iptu. Muhammad Reza mengimbau kepada seluruh pihak perusahaan leasing (Debt Collector) untuk tidak semena-mena dalam bertindak.

“Pihak perusahaan leasing kita himbau jangan secara paksa melakukan tindakan dan jangan semena-mena, koordinasikan dulu dengan kepolisian,” tegas Iptu M. Reza.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top