Kaba Pemko Bukittinggi

Pendonor Darah Sukarela Terima Pin Emas PMI

Bukittinggi, KABA12.com — Pendonor darah sukarela Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, menerima piagam penghargaan dan pin emas dari PMI Kota Bukittinggi. Piagam penghargaan dan pin emas itu diserahkan dan disematkan langsung oleh Walikota Bukittinggi, didampingi Ketua PMI Bukittinggi H. Chairunnas di Aula Balaikota Bukittinggi, Kamis (14/03).

Ketua PMI Bukittinggi, H. Chairunnas, mengatakan, penyerahan penghargaan dan penyematan pin emas PMI diberikan kepada pahlawan kemanusiaan (pendonor sukarela) yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100, 75, 50, 25 dan 10 kali. Bagi pendonor yang telah mendonorkan darahnya 75-100 kali diberikan pin emas Satyalencana Kebaktian Sosial.

Sedangkan bagi pendonor yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 10-50 kali, diberikan piagam penghargaan sebagai bentuk ucapan terimakasih dan partisipasinya, karena telah mendonorkan darah untuk kemanusiaan.

Adapun rincian penerima piagam penghargaan dan pin emas itu kata Chairunnas yakni, pendonor 75 kali sebanyak 3 orang, 50 kali 6 orang, dan 25-10 kali sebanyak 83 orang. PMI Bukittinggi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pendonor yang sudah mendonorkan darahnya secara sukarela.

“Mereka ini adalah pahlawan kemanusiaan. Tidak terhitung jumlah orang sakit yang sembuh berkat setetes darah yang mereka donorkan. Setetes darah yang kita donorkan sangat membantu nyawa seseorang. Oleh karena itu PMI sangat berterima kasih kepada pendonor yang telah mendonorkan darahnya secara sukarela untuk kemanusiaan,” ujar Chairunnas.

Ia menambahkan, PMI merupakan salah satu organisasi yang diamanatkan oleh undang-undang untuk melakukan kegiatan pengambilan darah, memproses dan mendistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dari data yang ada di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Bukittinggi, jumlah permintaan darah di UDD PMI rata-rata 1500 kantong darah perbulan. Sementara jumlah produksi darah di UDD PMI rata-rata 1055 kantong darah perbulan. 70 parsen produksi darah di UDD didapatkan dari pendonor sukarela, sedangkan 30 persen lagi didapatkan dari donor pengganti.

“Saat ini target kita untuk mengumpulkan 1500 kantong darah perbulan masih belum tercapai. Untuk itu, PMI Bukittinggi mulai merangkul dinas, instansi dan penggiat donor darah. Alhamdulillah saat ini sudah mencapai 45 dinas/instansi yang secara rutin mengadakan kegiatan donor darah sukarela dilingkungan karyawan maupun masyarakat disekitar kantor dinas/instansi berada,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung berbagai program dan kegiatan yang dijalankan oleh PMI. Karena PMI merupakan organisasi sosial yang aktif bergerak dibidang kemanusiaan dan bergerak untuk kepentingan orang banyak.

“Alhamdulillah bantuan hibah yang kita berikan untuk PMI Bukittinggi paling besar di Sumbar, yakni 1 Miliar lebih. Ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemko Bukittinggi terhadap PMI. Kita harapkan melalui kegiatan pemberian penghargaan ini, dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk mendonorkan darahnya, sehingga kebutuhan darah 1500 kantong perbulan dapat terpenuhi,” ungkap Ramlan.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan penghargaan untuk dinas, instansi dan organisasi yang menyelenggarakan donor darah bersama dilingkungan karyawan maupun masyarakat disekitar kantor dinas/instansi tersebut.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top