Kaba Agam

Putuih Basambuang-Kopi Tatungkuik Pesona Kuliner Malalak

Malalak, kaba12.com —
Kecamatan Malalak, salah satu kecamatan “muda” di kabupaten Agam memendam ragam pesona nan memukau.

Selain potensi alamnya yang menawan, didominasi potensi alam yang masih asri, menjadi salah satu wilayah tujuan yang banyak dinikmati.

Sebagai kecamatan termuda di kabupaten Agam, derap kemajuan Malalak semakin diperhitungkan dengan berbagai program yang dilakukan pemerintah, apalagi kawasan ini didominasi ruas jalan lintas Sumatera yang makin padat dilewati pengguna jalan, sehingga menjadi peluang mendorong kemajuan.

Dampak kemajuan Malalak, salah satunya dibuktikan dengan semakin ramainya ruas jalan Sicincin-Malalak- Balingka dengan kedai-kedai kopi dan warung nasi yang menyajikan kuliner khas Malalak.

Salah satu warung nasi yang ramai dikunjungi adalah warung ” putuih basambuang” di Campago, nagari Malalak Utara yang ramai dikunjungi warga dari berbagai tempat.

Warung nasi ” putuih basambuang” dengan sajian khas gulai dan goreng ikan gariang, gulai jariang, goreng belut dan beragam jenis kuliner khas yang nikmatnya sesuai selera.

Yang menarik, justru sajian minuman khas ” kopi tatungkuik” yakni, minuman kopi panas yang disajikan terbalik, alas penutup gelas, tidak difungsikan sebagai jalan, tapi sebagai penutup wadah minuman di posisi bawah.

Untuk menikmati “kopi tatungkuik” harus punya teori khusus, disedot dengan pipet, dihirup dan dihembuskan, agar air kopi bisa mengalir disela tutup gelas dalam wadah.

” Ini khas Malalak, banyak yang sengaja datang, hanya untuk menikmati kopi tatungkuik ini,” sebut Mantari, tokoh masyarakat Malalak.

Sajian kopi tatungkuik ini, menjadi salah satu ikon Malalak yang banyak dinikmati masyarakat. ” Ini luar biasa, ini daya tarik tersendiri bagi Malalak,” sebut Rahman,Asisten I Sekab Agam dan Teddy Martha, Kepala DPMN Agam yang sengaja hanya untuk minum kopi di kedai Putuih Basambuang itu.

(HARMEN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top