Kaba Pemko Bukittinggi

HPSN 2019, Bukittinggi Goro Bersama, Sampah Ditukar Uang

Bukittinggi, KABA12.com — Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta perwakilan TNI Polri, anggota dasawisma, pelajar se kota Bukittinggi gelar goro bersama di pedestrian Taman Jam Gadang, Kamis (14/03). Kegiatan yang dipimpin langsung Walikota Bukittinggi ini, dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dan pencanangan bulan bhakti dasawisma.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Supadria, menjelaskan, goro bersama dalam HPSN 2019, bertujuan untuk membangun kesadaran bersama hidup bersih dan sehat. Dimana program ini dapat mendorong budaya bersih di tengah masyarakat, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah, Mmembangun sinergi pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Tahun ini diangkat tema, kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai. Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum sosialisasi edukasi kepada warga terkait pengelolaan sampah,” jelasnya.

Kegiatan dalam rangka HPSN ini, sebelumnya sudah dilaksanakan di kantor dan sekolah. Selanjutnya, pada puncak HPSN ini, dilaksanakan goro oleh pelajar di seputaran Jam Gadang, Pasar Atas, Pasar Bawah. Sedangkan ASN goro di seputaran Mesjid Agung.

“Khusus sampah yang dikumpulkan oleh pelajar, akan ditukar dengan uang, yang mendapat dukungan dari Bank Nagari,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan, mengapresiasi sinergi antara pemerintah daerah dan dasawisma. Kegiatan ini, merupakan kegiatan ketiga kalinya yang dilakukan bersama antara HPSN dengan bulan bhakti dasawisma.

“Kami sangat apresiasi sekali kader dasawisma yang telah bekerja ikhlas serta semangat tinggi dalam mengelola serta peduli lingkungan bersih dan sehat. Dasawisma ujung tombak penggerak 10 program pokok PKK, dalam menjadikan masyarakat yang sejahtera dan mandiri. Dalam hal ini, tentunya kita dapat meningkatkan kesadaran gotong royong dan menggerakkan 10 program pokok PKK,” ujar Yesi.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka menjadikan Indonesia bersih dari sampah. Karena, sampah, menjadi salah satu masalah krusial dan sangat mendunia, yang harus diselesaikan.

“Pemilahan sampah harus dilakukan, bank sampah harus diaktifkan dan ditingkatkan. Dasawisma harus dapat mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat untuk mencintai serta menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Ramlan.

Lebih lanjut, Wako juga meminta masyarakat pro aktif dalam menjaga lingkingan da tidak menggunakan sampah plastik. Karena sampah plastik sangat berbahaya dan harus dikurangi penggunaannya. Sampah plastik bukan masalah ringan. Efeknya sangat negatif bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Semua kita harus berani menegur pelanggar dan oknum yang membuang sampah sembarangan. Sehingga tertanam budaya malu bagi warga yang masih membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga mengukuhkan kelompok daur ulang sampah kelurahan dan ranger sampah. Kedua kelompok ini, dinilai sangat berperan aktif dalam terciptanya lingkungan bersih dan sehat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top