alterntif text

Kaba Terkini

PPRG Bangun Responsif Gender di Kabupaten Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Dalduk KB dan Capil mengadakan pelatihan di lingkungan OPD dan kecamatan Se Kabupaten Agam terkait Pembangunan Responsif Gender.

Pelatihan khusus yang digelar selama dua hari, Rabu-Kamis,(13-14/3) di Hotel Sakura Syariah, Lubukbasung itu, menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam pemberdayaan gender.

Bupati Agam diwakilil Kadis.Dalduk.KB-PPA Agam Hj.Retmiwati menyebutkan bahwa sumber daya manusia diukur berdasarkan indeks pemberdayaan gender dan kabupaten Agam berdasarkan data statistik telah berhasil dalam peningkatan kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Pembangunan Gender(IPG), dan Indeks Pemberdayaan Gender.

Disebutkan, hal itu menjadi catatan bersama dan harus terus ditingkatkan, mengingat pembangunan gender menjadi salah satu poin penting dalam mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan yang menghadirkan narasumber Dr. Yuni Satria, dari Pemprov.Sumbar, yang menyebutkan,gender bukan melihat perbedaan yang ada antara laki laki dan perempuan semata, namun bagaimana interpretasi terhadap perbedaan tersebut, untuk dasar dalam mendorong peran kesetaraan.

Ditambahkan, responsif gender dimaksudkan untuk merespon berbagai kebutuhan, kondisi peran, status masyarakat laki laki atau perempuan yang harus diakomodasi dalam kegiatan perencanaan, penganggaran dan implementasi melalui Indeks Pembangunan Gender (IPG).

Ditambahkan, perbedaan gender terkait dengan kebutuhan, pengalaman, kesulitan dan aspirasi, dengan memperhitungkan perbedaan gender dapat mempengaruhi memperoleh akses, manfaat, partisipatif dalam pembangunan dan dalam pengadaan terhadap sumber daya pembangunan yang akhirnya bisa menimbulkan isu gender dan kesenjangan gender.

Yuni Satria menyebutkan, komponen pendukung terkait dengan perspektif gender antara lain komitmen penentu kebijakan, kelembagaan pendukung, sumber daya manusia, juga data dan sistem informasi instrument pendukung berupa metode analisis, dorongan masyarakat sekitar.

Diyakinkan Yuni Satria, dengan kegiatan PPRG ini diharapkan para peserta pelatihan dapat membuat dokumen terkait dengan materi yang telah diberikan untuk diterapkan di masing masing OPD dan kecamatan.

Program pelatihan ini merupakan tindaklanjut dari upaya Pemkab Agam dalam mendorong peran perempuan dalam berbagai aspek, sekaligus turut berperan optimal dalam pembangunan daerah.

HARMEN/RITA.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top