Kaba Terkini

Nagari Kapau dan Nasi Kapau, Kebanggaan Nusantara dari Agam

Kapau, kaba12.com — Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat yang dipimpin Dr. Indra Catri adalah salah satu daerah yang memiliki potensi beragam.

Berbagai kekayaan alam, khususnya potensi wisata dan budaya, menjadi salah satu potensi luar biasa yang kini tengah jadi pusat perhatian pemerintah bersama masyarakat untuk diolah dan dikembangkan.

Seperti halnya Puncak Lawang, kawasan wisata dengan pemandangan Danau Maninjau yang memikat.

Lereng Singgalang dengan pesona Sajuta Janjang serta masih banyak lagi daerah-daerah wisata lain yang menjadi tujuan para pelancong baik domestik maupun mancanegara.

Kemudian potensi wisata laut di Pantai Tiku nan menawan, dengan deburan ombak yang jernih dipandang, dihiasi sunset nan memukau. Sangat lengkap potensi wisata kabupaten Agam yang sangat sayang jika tidak dinikmati.

Dan selain wisata alam Kabupaten Agam juga memiliki kekayaan kuliner yang khas dan sudah mendunia salah satunya Nasi Kapau.

Kuliner khas yang berasal dari Nagari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

Selama ini banyak para penikmat Nasi Kapau yang tidak mengetahui asal dan sejarah Nasi Kapau.

Nama Nasi Kapau ternyata berasal dari satu nagari di Kabupaten Agam yang berbatasan langsung dengan Kota Bukittinggi yakni Nagari Kapau. Nagari yang dikenal sangat menjaga dan mempertahankan adat istiadat serta kearifan lokalnya.

Segala keunikan dan kekuatan budaya yang dimiliki serta kerjasama yang baik antara anak nagari, baik yang ada di kampung maupun di rantau menjadikan Nagari Kapau sebagai wilayah yang sangat menjunjung tinggi agama dan adat.

Kuliner khas Nasi Kapau ini dibuat dengan menu dan racikan khas Nagari Kapau yang memanjakan lidah para penikmatnya, sehingga Nasi Kapau menyebar diseluruh nusantara bahkan sampai mancanegara.

Nasi Kapau dengan menu istimewa terdiri atas nasi, sambal, dan lauk pauk yang khas, yaitu gulai cubadak (nangka), gulai cancang (tulang dan daging sapi), gulai babek (bagian perut sapi) dan gulai tunjang (kulit, urat daging sapi).

Lauk lainnya adalah dendeng balado, dendeng lado hijau, randang, gulai ikan, goreng belut, goreng ayam serta lainnya.

Namun yang paling utama adalah gulai tambunsu, yaitu campuran telur dan tahu yang dimasukkan ke dalam usus sapi sehingga menghasilkan rasa gurih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam, Teddy Martha didampingi Camat Tilatang Kamang Ade Herlien dan Wali Nagari Kapau Zulkarnaini saat meninjau beberapa warung Nasi Kapau, Rabu,(13/3) kepada kaba12.com, mengatakan bahwa secara bersama saat ini OPD, Kecamatan dan Nagari Kapau sedang berupaya untuk mengembangkan dan menata potensi kuliner khas ini agar semakin diminati para pelancong.

Kemudian menjadikan Nasi Kapau sebagai ” brand” nya Nagari dan Kecamatan.

Camat Tilatang Kamang Ade Harlien menyebutkan, saat ini sedang disusun rencanan untuk penataan potensi khas masing-masing nagari termasuk Nasi Kapau ini.

Ditambahkan, hal itu sebagai upaya menjaga semua potensi yang dimilki untuk bisa terus bertahan dan tetap dinikmati para pecinta kuliner.

Nagari Kapau dengan Nasi Kapau-nya adalah kebanggaan Nusantara yang berasal dari kabupaten Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top