alterntif text

Bukittinggi

DPRD Fokus Bahas Ranperda di Masa Sidang I

Bukittinggi, KABA12.com — Pimpinan dan anggota DPRD Kota Bukittinggi mengisi triwulan pertama pada masa sidang satu tahun 2019 ini dengan melakukan pembahasan beberapa rancangan perda yang sangat krusial. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa pada Program Pembentukan Perda (Propemperda) tahun 2019 untuk sidang pertama telah disepakati ada 6 (enam) rancangan perda yang akan dibahas bersama oleh DPRD dan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Keenam rancangan perda tersebut, ranperda penyandang disabilitas yang merupakan inisiatif DPRD, Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Permukiman Kumuh, Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah Jam Gadang, Rencana Pembangunan Pariwisata Daerah, Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Perubahan Pajak Restoran.

Dan untuk membahas kesemua rancangan perda tersebut, melalui rapat gabungan komisi pada awal Februari dan Maret lalu, DPRD Kota Bukittinggi telah membentuk beberapa Panitia Khusus (Pansus).

Ibnu Asis, Ketua Bapemperda DPRD Bukittinggi, menyampaikan, sejalan dengan pembahasan beberapa rancangan perda krusial dimaksud, pada awal masa sidang pertama tahun 2019 ini, DPRD juga telah membentuk Pansus untuk membahas rekomendasi pokok-pokok pikirian DPRD.

Hal itu dilaksanakan dalam rangka persiapan penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi tahun 2020.

“Alhamdulillah untuk rekomendasi pokok-pokok pikiran DPRD, pansus telah selesai melakukan pembahasan dan juga telah melaporkan ke rapat gabungan komisi pada awal bulan Maret ini. Sedangkan untuk rancangan perda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Permukiman Kumuh, saat ini sudah memasuki tahapan fasilitasi oleh Bagian Hukum Sekreatariat Daerah Provinsi Sumatera Barat,” ungkap Ibnu.

Anggota Fraksi PKS tersebut menambahkan, rancangan Perda inisiatif DPRD tentang Penyandang Disabilitas masih dalam tahapan pembahasan di tingkat Pansus. Sementara itu, rancangan perda tentang BPR Syariah Jam Gadang, Rencana Induk Pembangunan Pariwisata, Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Perubahan Pajak Restoran juga tengah memasuki tahapan pembahasan di tingkat Pansus.

“Insya Allah target propemperda masa sidang pertama ini akan tercapai tepat waktu pada tanggal 30 April 2019. Dengan demikian kita juga sangat berharap bahwa pada saatnya nanti, dengan selasainya pembahasan dan diundangkannya beberapa rancangan perda krusial tersebut, akan berimplikasi positif terhadap peningkatan kualitas kesejahteraan dan kehidupan sosial kemasyarakatan sejalan dengan perbaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bukittinggi,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top