Hukum dan Kriminal

Residivis Pengedar Sabu Kembali Diringkus Polisi

Bukittinggi, KABA12.com — Seorang residivis kasus penyalahgunaan narkotika dengan insisial Z panggilan Abeng, diamankan Tim Operasional Satuan Reserse Narkoba Polres Bukittinggi, Jumat (08/03). Ia ditangkap setelah terbukti memiliki sejumlah paket sabu siap edar.

Kasat Reserse Narkoba Polres Bukittinggi, AKP Pradipta Putra Pratama, menuturkan, terduga pengedar narkotika jenis sabu itu dibekuk Tim Opsnal sekitar pukul 16.30 WIB, di sebuah rumah makan Randang Cubadak, Jl. Soekarno Hatta batas Kota Bukittinggi-Payakumbuh, Jorong Parik Putuih Nagari Ampang Gadang Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam.

“Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Bukittinggi mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada seseorang yang akan melakukan transaksi narkotika jenis Sabu, selanjutnya dilakukan penyelidikan dan mengumpulkan informasi pendukung,” ulasnya.

Setelah itu, lanjut Pradipta, tim langsung melakukan penangkapan Z. Setelah diamankan lalu dihadapan saksi masyarakat setempat, dilakukan penggeledahan badan dan pakaian tersangka, dan ditemukan 1 (satu) kotak rokok, yang berada di saku depan sebelah kiri jacket warna biru yang sedang dipakai tersangka.

“Setelah kotak rokok tersebut diperiksa, ternyata berisikan 1 (satu) paket Narkotika diduga jenis Sabu, terbungkus plastic klip bening, berikut dari tangan tersangka ditemukan 1 (satu) Unit HP Samsung warna putih , kemudian dihadapan saksi-saksi ditanyakan tentang barang bukti yang ditemukan tersebut dan tersangka mengakui bahwa barang bukti tersebut adalah milik tersangka sendiri,” terangnya.

Menurut Pradipta, tersangka Z berasal dari Padang Panjang sengaja membawa Sabu yang sudah dipesan oleh seseorang dan diketahui sering melakukan transaksi di wilayah hukum Polres Bukittinggi. Z merupakan seorang residivis kasus yang sama, yang belum lama ini menghirup udara bebas, setelah sebelumnya mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya pada pukul 22.30 WIB, Tim Opsnal Satres Narkoba melakukan pengembangan ke sebuah rumah di Jorong Gantiang Koto Tuo Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, yang mana rumah tersebut diakui tersangka sebagai tempat tinggal sementaranya.

“Dihadapan saksi-saksi masyarakat setempat dilakukan penggeledahan dirumah tersebut, maka ditemukan lah 1 (satu) kaca pirek yang diduga berisikan Narkotika jenis Sabu, yang disimpan dalam lemari kamar tersangka, berikut 1 (satu) kotak kecil warna bening yang berisikan plastik-plastik klip bening yang disimpan dibawah kasur,” jelasnya.

Barang bukti yang diamankan berikutnya, berupa 1 (satu) buah timbangan digital merk Professional digital table top scale warna silver yang disimpan dibawah kasur, 1 (satu) Bungkus obat merek jaguar setelah di periksa berisikan 1 (satu) paket Narkotika diduga jenis Sabu yang terbungkus plastik klip bening yang berada di atas lemari piring, 3 (tiga) Lembar kertas warna putih berisikan rekapan hasil penjualan Sabu yang disimpan didalam kamar, 1 (satu) buah mancis warna pink yang berada didalam kamar.

Kemudian dihadapan saksi-saksi saat ditanyakan tentang barang bukti yang ditemukan tersebut tambah Pradipta Putra Pratama, tersangka mengakui bahwa barang bukti tersebut adalah milik tersangka sendiri, selanjutnya dilakukan penyitaan terhadap barang bukti kemudian tersangka beserta barang bukti dibawa ke Polres Bukittinggi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Akibat perbuatannya tersangka diprasangkakan pasal 112 junto pasal 114 Undang-Undang nomor 35 tahun 2019 tentang Narkotika, dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun penjara.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top