Kaba Pemko Bukittinggi

Walikota Cek Kendala Genangan Air di Jam Gadang

Bukittinggi, KABA12.com — Beberapa hari terakhir, pedestrian taman Jam Gadang yang baru saja selesai direnovasi, selalu viral di kalangan masyarakat. Tidak hanya komentar positif, namun juga ada tanggapan negatif, khususnya terkait adanya genangan air, yang terjadi pagi kemarin (Kamis -red).

Menanggapi hal tersebut, Walikota Bukittinggi bersama SOPD terkait, langsung melakukan cek kembali ke lapangan. Jumat (22/02) sore, setelah kembali dari tugas luar daerah, orang nomor satu di Bukittinggi itu, langsung menuju pelataran Jam Gadang.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengakui adanya terjadi genangan air di sekeliling Jam Gadang kemarin sore. Hal tersebut ditenggarai karena intensitas hujan cukup tinggi, melanda Bukittinggi. Selain itu, petugas di Jam Gadang juga terlambat membuka tutup bak kontrol yang ada.

“Kami akui memang hujan cukup deras. Selain itu, tutup bak kontrol juga terlambat dibuka. Makanya terjadi genangan air. Tapi itu terjadi hanya sebentar dan sudah langsung diantisipasi. Apalagi saat ini, masih dalam masa pemeliharaan, tentu ada uji coba. Kemudian, ada beberapa sisa proyek yang menutup drainase. Dengan adanya hujan, kita jadi tahu apa yang harus dibenahi dan diperbaiki dari hasil renovasi ini. Serapan sudah ditambah lagi yang akan dibuat dengan penjaring sampah agar tidak masuk dalam drainase,” ungkap Ramlan.

Walikota juga telah menegaskan petugas agar lebih cepat tanggap dengan situasi serupa. “Jangan sampai hal yang sama terjadi untuk kedua kalinya,” tegas Wako.

Sementara itu, terkait komentar masyarakat tentang pelataran Jam Gadang yang gersang dibanding sebelum renovasi, Walikota menjelaskan, kawasan pedestrian Jam Gadang tidak menghilangkan sama sekali terkait penghijaun. Ada sejumlah taman yang dibangun dan persentasenya pun tidak berbanding jauh dengan bangunan.

“Kemudian, ada juga beberapa titik yang sudah kita tanami pohon. Tentu tidak langsung tumbuh besar. Ada prosesnya juga, tidak semerta-merta langsung tumbuh besar. Selain itu, ada zona yang rindang juga di sisi penurunan dekat air terjun bertingkat,” jelas Wako.

Selain melihat kondisi yang terjadi beberapa hari terakhir, Walikota juga memantau langsung beberapa titik yang harus diperbaiki, seperti beberapa batu alam yang lepas. Bahkan Wako juga memerintahkan langsung petugas untuk membersihkan kolam air mancur menari dan beberapa item lainnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top