Kaba Pemko Bukittinggi

KPU Bukittinggi Rakit 1.778 Kotak Suara Pemilu

Bukittinggi, KABA12.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi merakit 1.778 kotak suara yang akan dipergunakan pada Pemilu 17 April 2019 nanti. Proses perakitan kota suara ini, melibatkan 21 orang tenaga dari sekretariat KPU dan dilaksanakan di GOR Bermawi Gulai Bancah, selama dua hari, Selasa (12/02) dan Rabu (13/02).

Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Bukittinggi, Yasrul, menjelaskan, proses perakitan kota suara membutuhkan waktu dua hari dan berakhir Rabu dalam kondisi aman dan terkendali.

“Secara bertahap kebutuhan logistik Pemilu mulai berdatangan ke KPU Kota Bukittinggi, dimana untuk kotak suara proses perakitan butuh kehati-hatian, dan kotak suara yang telah selesai dirakit dibungkus dalam plastik, dan disimpan di GOR Bermawi yang dimanfaatkan sebagai gudang refresentatif,” jelasnya.

Menurut Yasrul, dari 1.778 kotak suara yang dirakit KPU Kota Bukittinggi ini, 42 diantaranya rusak karena ada yang sobek, penyot, digigit serangga, sehingga tidak layak pakai.

“Nantinya kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 349 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Bukittinggi, dengan 5 kotak suara setiap TPS dan 11 kotak suara cadangan untuk setiap Kecamatan,” terangnya.

Yasrul menambahkan, KPU Kota Bukittinggi memastikan kotak suara pemilu 2019 berbahan karton atau kardus cukup kuat diperlakukan sesuai dengan fungsinya dan dapat menahan bobot hingga 70 kg, karena kotak suara tersebut di design untuk menjalankan fungsi sebagai kotak suara menyimpan dokumen dan surat suara usai dilakukan pencoblosan.

Sementara, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, yang meninjau langsung ke lokasi perakitan, berpesan kepada seluruh petugas, untuk dapat melaksanakan tugas dengan hati-hati. KPU juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal pengamanan dari kota suara itu.

“Pemko memfasilitasi KPU untuk menggunakan Gor Bermawi sebagai lokasi perakitan dan penyimpanan kota suara. Karena jumlahnya banyak dan memang lokasi ini, kita nilai sangat representatif. Namun tetap kita pesankan agar KPU selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal pengamanan,” pesan Wako.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top