alterntif text

Kaba Pemko Bukittinggi

Moment 3 Tahun Ramlan-Irwandi, Taman Jam Gadang Diresmikan

Bukittinggi, KABA12.com — Tanggal 17 Februari 2019 mendatang, menjadi hari istimewa bagi Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi. Pasalnya, pada hari tersebut, kepemimpinan dua tokoh penting Bukittinggi itu, genap berusia tiga tahun.

Dalam jumpa pers yang digelar Humas Setdako Bukittinggi, di ruang rapat utama Balaikota, Rabu (13/02), Walikota Bukittinggi menyampaikan sejumlah hasil kerja pemerintah kota Bukittinggi dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Walikota sejak 17 Februari 2016. Salah satunya merevitalisasi pedestrian taman Jam Gadang.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, pekerjaan revitalisasi pedestrian taman Jam Gadang telah dimulai sejak Juli 2018. Setelah dilaksanakan pembangunannya, pedestrian taman Jam Gadang akan diresmikan pada malam tanggal 16 Februari 2019 mendatang.

“Momennya tepat tiga tahun kepemimpinan kami untuk pemerintah dan masyarakat Bukittinggi. Kita pilih kegiatannya pada malam hari, karena akan ada pertunjukan air mancur menari dan juga air terjun bertingkat. Kedua spot itu, memang jadi andalan dan memang keindahannya dapat disaksikan pada malam hari,” ujar Ramlan bersama Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi.

Walikota juga memaparkan, pembangunan pedestrian taman Jam Gadang, menelan biaya Rp 16,3 milyar dan sisa anggaran yang dapat dimanfaatkan. Sehingga secara keseluruhan, pekerjaan tersebut menelan dana sebesar Rp 18 milyar.

“Saat ini sudah selesai 100%. Dengan anggaran itu, tidak hanya revitalisasi pedestrian Taman Jam Gadang, namun juga pembangunan gedung parkir kendaraan roda dua, mushalla dan toilet serta kamar mandi yang representatif,” ujar Wako.

Ramlan menambahkan, memang ada bagian antara pedestrian dengan Pasar Atas, belum dikerjakan, karena anggaran yang disediakan memang sampai pekerjaan sekarang. “Nantinya akan dilaksanakan berbarengan dengan finishing pembangunan Pasar Atas. Sehingga bangunan Pasar Atas dengan pedestrian Taman Jam Gadang menyatu,” tambahnya.

Kedepan, pemerintah kota telah merencanakan pembangunan pedestrian tahap dua, di tahun 2019 ini. Tahap dua, pedestrian akan dikerjakan sepanjang jalan Sudirman sampai hotel Rocky, dimana, trotoar yang ada saat ini, akan diperbesar lagi.

“Sedangkan tahap tiga, pada tahun 2020 mendatang, jalan A. Yani dan Ahmad Karim akan dijadikan pedestrian. Sehingga kawasan itu menjadi kawasan pejalan kaki dan tidak ada parkir di daerah tersebut, karena kendaraan dipusatkan ke basement Pasar Atas dan gedung parkir depan DPRD,” ulasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top