alterntif text

Kaba Terkini

Kembangkan Budidaya Ikan. Manggopoh Targetkan Juara Lomba Forikan

Manggopoh, kaba12.com — Sukses mengembangkan budidaya ikan air tawar bersama masyarakat,nagari Manggopoh, kecamatan Lubukbasung, targetkan rebut gelar juara lomba Forikan baik ditingkat kabupaten maupun propinsi.

Optimisme itu mencuat karena peran aktif masyarakat yang sangat tinggi dalam mengembangkan budidaya ikan air tawar di kolam ikan di rumah-rumah penduduk, mendorong sukses program yang dicanangkan pemerintah nagari Manggopoh.

Seperti survei ketua Forikan Nagari Manggopoh Ny. Elsi Ridwan, bersama pengurus didampingi langsung oleh penyuluh perikanan nagari Manggopoh Weli Santi, S.Pi ke rumah masyarakat, Rabu,(13/2).

Rombongan pengurus Forikan nagari Manggopoh yang meninjau kolam ikan baik kolam terpal maupun kolam tadah hujan sekaligus melakukan sosialisasi manfaat makan ikan.

Menurut Ny.Elsi Ridwan, di nagari Manggopoh sudah banyak dikembangkan budidaya ikan baik di pekarangan rumah maupun di lahan kosong yang selama ini tidak difungsikan.

Ny. Elsi Ridwan, mensosialisaaikan pada warga nagari Manggopoh untuk mengkonsumsi ikan, karena banyak manfaatnya untuk masyarakat.

Disebutkan, setiap jenis ikan air tawar dan ikan laut sangat bagus untuk tubuh karena mengandung protein yang menyehatkan tubuh dan dalam daging ikan terdapat 0mega 3 untuk mencerdaskan dan meningkatkan sumber daya manusia, menghambat resiko penyakit jantung.

Ditambahkan, di nagari Manggopoh, saat ini mendapatkan ikan untuk dikonsumsi sudah sangat banyak dan gampang, karena ada dukungan dari pemerintah nagari Manggopoh.

Dibuktikan, tahun 2018 sudah dianggarkan dana untuk membuat 1000 kolam terpal, yang sasarannya adalah melalui kelompok dasawisma di jorong-jorong di nagari Manggopoh .

Target itu direalisasikan dengan lahirnya kelompok pengolahan atau Poklaksar di nagari Manggopoh yang mengolah bermacam- macam produk olahan ikan seperti abon ikan dan salai lele yang dibina langsung oleh penyuluh perikanan.

Forikan nagari Manggopoh juga membuat kolam ikan di sekolah-sekolah, seperti SD, SMP, BKMT, Bumnak, dan TK yang ada di nagari untuk ikut mensosialisasikan dan mengimplementasikan gerakan mengkonsumsi ikan agar dapat mengaplikasikan di meja makan rumah tangga agar tercapainya konsumsi ikan perkapita yg ditargetkan pemerintah kabupaten Agam dan pemerintah pusat 45 kg/ kapita.

” Kita optimis, hal itu akan bisa terealisasi, dan kami targetkan, Forikan nagari Manggopoh akan bisa berkembang pesat dan menjadi yang terbaik dengan dukungan masyarakat,” sebut Ny.Elsi Ridwan.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top