Catatan 12

Netralitas PNS dan Media Sosial

Oleh : Dodi Andresia S.A.P

Netralitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti keadaan dan sikap netral (tidak memihak, bebas) sedangkan media sosial menurut wikipedia mempunyai arti sebagai sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Media sosial mempunyai peran yang sangat efektif dan efisien sebagai alat penyampaian informasi baik informasi yang berasal dari sumber-sumber terpercaya maupun yang tidak serta mempunyai kekuatan yang sangat besar dalam mempengaruhi opini publik dan menggiringnya ke dalam sebuah perspektif baru.

Seiring dengan majunya teknologi internet maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat bagaikan jamur dimusim hujan.

Perkembangan internet secara pesat memberikan kemudahan untuk mengakses facebook, twitter dan instagram serta jejaring sosial lainnya yang bisa diakses dan dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Karena kecepatannya media sosial secara perlahan mulai menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan informasi.

Tahun 2019 adalah tahun politik dimana euforia pemilihan presiden dan wakil presiden, sebagai seorang Pengawai Negeri Sipil (PNS) yang mempunyai hak pilih mestilah tetap menjaga netralitas serta tidak menunjukan keberpihakan kepada salah satu pasangan calon atau perbuatan yang mengindikasikan keterlibatan dalam politik praktis/berafiliasi dengan partai politik.

Berdasarkan Pasal 15 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2004, terhadap pelanggaran berbagai jenis larangan kepada PNS dikenakan sanksi moral dan pada Pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dinyatakan bahwa setiap pegawai ASN tidak boleh berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

PNS didalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye serta dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Pada tanggal 21 Mei 2018 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 137 Tahun 2018 tentang Penyebarluasan Informasi melalui Media Sosial bagi ASN pada paragraf 1 dari SE No. 137 Tahun 2018 tersebut secara tegas menyatakan bahwa dalam menjalankan tugasnya, ASN dituntut untuk “bertindak secara profesional, dan tidak berpihak”.

PNS sebagai mahkluk sosial saat ini lebih dominan berinteraksi dengan media online ataupun dengan jejaring sosial, untuk itu beberapa regulasi diatas adalah sebagai warning dan rambu-rambu kepada PNS agar tetap menjaga netralitas serta tidak latah dalam bermedia sosial untuk tidak ikut mengunggah, memberikan like, atau mengomentari dan sejenisnya serta menyebarluaskan gambar maupun pesan visi misi calon baik di media online maupun di media sosial.

Jika melanggar maka PNS tersebut akan dijatuhkan sanksi disiplin tingkat sedang hingga berat.

Sanksi tingkat sedang dapat berupa penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat serta penurunan pangkat setingkat lebih rendah dan untuk disiplin berat dapat berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah sampai pemberhentian dengan hormat.

Netralitas PNS dan media sosial saat ini mempunyai keterkaitan yang sangat erat, untuk itu sebagai aparatur negara PNS dituntut lebih profesional dan lebih bersifat netral dalam menghadapi tahun politik dan masa pemilihan umum agar tidak terjebak dengan sanksi hukum yang dapat merugikan PNS itu sendiri.

PNS diharapkan mampu membangun kebersamaan dengan tidak ikut menyebarkan ujaran kebencian atau komentar tentang keberpihakan di jejaring sosial serta menjadi perekat dan pemersatu bangsa dan memposisikan diri sebagai aparatur yang menjunjung tinggi demokrasi dengan bersikap netral.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top