Kaba Terkini

Bupati Agam Canangkan Goro Badunsanak Buka Jalan Baru 8 Km

Lubukbasung, KABA12.com — Bupati Agam Indra Catri, canangkan gotong royong badunsanak dalam rangka pembukaan jalan baru sepanjang 8 km, di Nagari Persiapan Parik Panjang Lubuk Basung, Rabu (30/1).

Pencanangan goro badunsanak tersebut ditandai dengan pemukulan tambua oleh Bupati Agam didampingi perantau asal Lubukbasung, H. Kasmir, Walinagari Lubukbasung, dan dihadiri Sekretaris Daerah, Martias Wanto, Kepala OPD, Camat Lubukbasung, Walinagari Persiapan Parik Panjang dan lainnya.

Indra Catri mengatakan, partisipasi Muhammad Kasmir sebagai perantau dalam membangun kampung patut didukung.

Dengan jalan baru itu, diharapkan dapat memudahkan petani dalam membawa hasil pertanian dan perkebunannya ke pasar serta dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat.

“Pembukaan jalan sepanjang 8 km itu tidak sedikit. Semua dilibatkan untuk bekerja, mulai dari anak-anak, pemuda, kaum ibu, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai serta bundo kanduang. Mari bersama-sama kita mambangun nagari ini,”ujarnya.

Bupati Agam menambahkan, jika pembangunan jalan ini terwujud dan tanpa ada hambatan, tahun depan direncanakan akan diaspal hotmix dengan catatan jalan yang dibangun ini mempunyai lebar 7 meter dan drainase.

“Semoga jalan ini dapat segera terwujud dan insya allah tahun depan akan kita aspal hotmix,”kata Indra Catri.

Sekab Agam, Martias Wanto Dt Maruhun selaku pemuka masyarakat, menjelaskan bahwa kegiatan ini terwujud bermula dari diskusi yang dilakukannya dengan M. Kasmir beberapa waktu lalu.

Saat itu M. Kasmir berkeinginan buka jalan di Parik Panjang via Silayang, Koto Batu dan Ampu, juga tembus ke jalan Lubuk Basung.

“Pembebasan lahan untuk pembangun jalan sepanjang 8 KM tidak ada kendala, dimana terdapat 57 pemilik lahan dari 6 suku. Kita ucapkan terimakasih pada masyarakat yang telah bersedia membebaskan lahannya,” ujarnya.

Di samping itu, Martias Wanto berharap pembangunan ini tidak hanya diserahkan pada M. Kasmir, tetapi semua harus melibatkan dirinya mulai dari bekerja hingga menjaga jalan tersebut.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top