Kaba Terkini

Kepsek SDN 50 Padangtongga Diduga Lakukan Pungli, Masyarakat & Orangtua Murid Ajukan Petisi

Lubukbasung, KABA12.com — Sekitar 70 orang masyarakat dan orangtua murid SD Negeri 50 Padangtongga, Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam mengajukan petisi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) daerah setempat untuk meminta agar pemerintah mengambil tindakan terhadap Kepala Sekolah Ratna Aswati, M.Pd yang diduga telah melakukan pungutan liar (Pungli) kepada siswa.

Didalam surat petisi tertanggal 14 Desember 2018 itu melaporkan, bahwa Kepala SD Negeri 50 Panagtongga telah melakukan pungutan iuran sebesar Rp. 20.000 kepada siswa kelas I dan IV. Kemudian, tidak adanya kejelasan pembukuan mengenai uang kenang-kenangan siswa kelas VI.

Tidak hanya itu, petisi yang mengatas namakan masyarakat dan orangtua murid SD Negeri 50 Padangtongga itu juga menilai, selama sekolah tersebut dipimpin Kepala Sekolah Ratna Aswati, M.Pd, yang bersangkutan tidak ada perkembangan baik dari pendidikan maupun bangunan sekolahnya.

Oleh sebab itu, masyarakat dan orangtua murid berharap agar kepala sekolah tersebut dapat segera dipindahkan ke sekolah lain dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Menanggapi petisi masyarakat dan orangtua murid SD Negeri 50 Padangtongga itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Drs. Isra, M.Pd mengatakan surat tersebut sudah diterima pihaknya, dan saat ini tengah melakukan proses pemeriksaan dan klarifikasi kepada Kepala Sekolah Ratna Aswati, M.Pd.

“Surat pengaduan tersebut sudah kita terima di dinas. Dan saat ini kita sedang melakukan proses pemeriksaan dan klarifikasi kepada pihak yang terkait, mulai dari Kepsek yang bersangkutan, guru-guru, pengawas sekolah dan sebagainya. Karena proses pemeriksaan sedang berlangsung, dimintak komite dan orang tua serta masyarakat menghormati proses yang sedang berjalan,” ujar Kepala Disdikbud Agam saat dikonfirmasi KABA12.com di Lubukbasung, Senin (28/01) malam.

Isra menegaskan, apabila laporan yang disampaikan masyarakat dan walimurid sesuai petisi tersebut terbukti, maka pihaknya akan memberi sanksi kepada Kepala Sekolah Ratna Aswati, M.Pd., sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Apabila terbukti, kita akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Jadi diminta agar bersabar menunggu hasil pemeriksaan tuntas. Kita perlu pastikan dulu apa benar kesalahannya sesuai laporan,” kata Isra.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 50 Padangtongga, Ratna Aswati saat dikonfirmasi KABA12.com via telfon, Selasa (29/01) siang, membantah tentang adanya pungli yang dilakukan seperti laporan yang tercantum pada petisi yang beredar.

“Tidak benar itu laporannya. Itu sebenarnya masalah dengan komite. Saya telah membahas hal itu dengan Komite, dan telah selesai,” terangnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });