Kaba Terkini

Bawaslu Terima 6 Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Lubukbasung, KABA12.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam hingga saat ini sudah menerima enam laporan dugaan pelanggaran Pemilu 2019. Jumlah tersebut terhitung sejak 1 hingga 28 Januari 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Agam, Elvys mengatakan, laporan tersebut terkait dengan sejumlah kasus, diantaranya seperti ujaran di akun media sosial (medsos), Alat Peraga Kampanye (APK) dan berkaitan dengan bahan kampanye.

“Pada tahun 2019 Bawaslu Kabupaten Agam sudah terima enam laporan yang saat sedang proses pengkajian,” ujarnya pada KABA12.com, Senin (28/01) di Lubukbasung.

Elvys menyebutkan keenam laporan tersebut berasal dari masyarakat yang ada di wilayah Canduang dan Ampekangkek.

“Untuk laporan akun medsos terkait dengan ujaran-ujaran yang dilontarkan dari akun tersebut. Sementara untuk APK laporan yang masuk terkait dengan lokasi pemasangan yang tidak sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Lalu terkait bahan kampanye seperti poster yang ditutupi dengan stiker lain,” jelasnya.

Dia menyebutkan, pada tahun 2018 sebelumnya Bawaslu juga telah menerima dua laporan dari masyarakat yang ada di Tilatangkaman dan Lubukbasung. Yaitunya laporan terkait APK dan akun media sosial.

“Dari kedua laporan yang masuk itu, satu kasus ditetapkan tidak memenuhi unsur pelanggaran pidana Pemilu dan penanganan pelanggaran dihentikan.

Sementara kasus lain, proses penanganan pelanggaran dihentikan karena akun yang dilaporkan tidak terdaftar sebagai akun kampanye peserta Pemilu,” jelas Alvys.

Ditambahkan, dalam memproses laporan dugaan tentang pelanggaran tindak pidana pemilu yang masuk tersebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

“Sentra Gakkumdu akan melaksanakan rapat 1×24 jam, setelah itu dilanjutkan dengan proses klarifikasi dan kajian oleh Bawaslu dengan cara mengundang pelapor, terlapor dan besert saksi untuk dimintai keterangan. Kemudian dari hasil klarifikasi itulah nantinya yang akan dilajikan ke tahap kedua, apakah memenuhi unsur tindak pidanan pemilunya,” ujar Elvys.

Ketua Bawaslu Kabupaten Agam itu,menghimbau kepada seluruh peserta pemilu, pelaksana kampanye dan masyarakat untuk dapat mentaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });