Kaba Pemko Bukittinggi

YMP Kukuhkan 38 Tim Parenting Untuk Atasi Masalah Sosial

Bukittinggi, KABA1.com — Sebanyak 38 orang Ayah dan Bunda di kota Bukittinggi sekitarnya, dikukuhkan menjadi tim parenting dari Yayasan Minang Peduli, di Balai Sidang Hatta, Minggu (27/01).

Pengukuhan sekaligus launching tim parenting ini, dihadiri langsung Wakil Gubernur Sumbar, Wawako Bukittinggi, Ketua TP PKK Bukittinggi dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pembina Yayasan Minang Peduli (YMP), Dr. H. Kasmen, ME, menjelaskan, YMP merupakan yayasan yang terdiri dari urang awak dirantau yang peduli dengan permasalahan di kampung halaman. Beberapa program telah dijalankan dan kali ini dilaunching program parenting, untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah sosial kemasyarakatan.

Pelatihan bagi para fasilitator, berlangsung selama hampir 1 tahun. Berawal dengan 60 orang peserta, setelah 3 hingga 4 kali pelatihan, mengerucut menjadi 38 fasilitator.

“Program parenting ini ditujukan, diantaranya, untuk bagaimana menjadi orang tua yang baik. Hal ini dapat dimulai dari diri sendiri, mengajak pasangan untuk berubah, bersama-sama merubah kebiasaan buruk, merubah orang lain dengan ilmu parenting, teraplan ilmu keislaman dalam rumah tangga, hindari kesibukan, pahami anak dan cintai mereka apa adanya,” jelasnya.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, mengapresiasi prigram YMP dalam bidang parenting ini. Program tersebut, memang sangat sejalan dengan program sekolah keluarga yang murni diinisiasi oleh TP PKK Bukittinggi.

Program tersebut telah dilaksanakan tahun 2018 lalu dan dilanjutkan tahun 2019 ini.

“Pemko Bukittinggi sebelumnya sudah mulai melaksanakan pembinaan masyarakat, melalui sekolah keluarga. Tentunya dengan adanya program dari YMP, akan menambah kekuatan dalam pembinaan keluarga di Bukittinggi. Kami mengharapkan dua organisasi ini dapat bekerjasama dalam mengatasi maslaah sosial kemasyarakatan di Minangkabau, khususnya di Bukittinggi,” ungkap Irwandi.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, menjelaskan, program parenting yang diinisiasi Yayasan Minang Peduli, (YMP) Ini, patut diapresiasi, karena memang, para tim nantinya dapat melakukan pembinaan terhadap manusia mulai dari bayi hingga dewasa. Sehingga dengan pembinaan itu, lahirlah SDM Minangkabau yang bermoral, berakhlaq, sukses dan bertanggung jawab.

“Terima kasih kepada YPM yang telah berinisiatif membuar program parenting, yang hari ini dikukuhkan untuk kota Bukittinggi sekitarnya. Program parenting ini, tentunya dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga masyarakat Minangkabau ini dapat membangun peradaban yang dimulai dari keluarga,” ungkap Wagub.

Nasrul Abit menambahkan, dengan program parenting dari YMP dan bisa dikolaborasikan dengan Sekolah Keluarga, tentunya perrsoalan sosial masyarakat di Minangkabau ini dapat diminimalisir dan diantisipasi dari dini. Seperti, narkoba, LGBT, pernikahan dini, kekerasan dalam rumah tangga dan permasalahan lainnya.

Dalam kegiatan pengukuhan dan launching tim parenting YMP ini, ditampilkan sejumlah motivasi dan persembahan dari tim parenting. Selanjutnya, tamunundangan juga diberikan tausiyah dari Ustadz Dr. Ahmad Hatta, MA.

(Ophik)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });