Kaba Pemko Bukittinggi

RELASI Pemilu 2019 Diharapkan Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 55 Relawan Demokrasi (relasi) pemilihan umum 2019 untuk kota Bukittinggi, mengikuti bimbingan teknis dari KPU. Bimtek ini dibuka Ketua KPU didampingi komisioner dan sekretariat KPU, di Grand Rocky Hotel, Senin (21/01).

Plt Sekretaris KPU, Kasdanil, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh relawan demokrasi pemilu 2019 kota Bukittinggi. Sehingga diharapkan, bimtek ini dapat meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemilu.

“Bimtek ini diikuti oleh 55 relawan demokrasi yang telah lulus seleksi. Peserta diberikan pemaparan lima materi oleh masing-masing komisioner. Bimtek dilaksanakan selama dua hari, 21 dan 22 Januari 2019. Pada akhir bimtek juga dibahas strategi oleh para relawan demokrasi untuk mensosialisasikan pemilu dan meningkatkan partisipasi pemilih,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bukittinggi, Benny Aziz, menyampaikan, partisipasi pemilih, merupakan faktor penting dalam pelaksanaan pemilu. Tanpa partisipasi masyarakat, pemilu tidak memiliki makna. Untuk itu.

“Secara nasional, KPU menargetkan partisipasi pemilih mencapai angka 77,5 persen. Kita harapkan target ini dapat tercapai, karena pada pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih di Bukittinggj baru mencapai 69%. Partisipasi pemilih, juga dipengaruhi oleh partai politik dan rekam jejak para calon legislatif. Selain itu, untuk menungkatkan partisipasi pemilih, tentu dibutuhkan mitra kerja KPU yang dalam hal ini kita sebut relawan demokrasi,” jelas Benny.

Relawan demokrasi, lanjut Ketua KPU, merupakan program sosial untuk meningkatkan kualitas pemilihan umum tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Relawan Demokrasi menjadi pelopor dan pioner demokrasi, untuk menggerakkan masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan bijak serta penuh tanggung jawab.

“Relawan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Tujuannya menumbuh kembangkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat untuk memberikan hak pilihnya. Dengan demikian, pemilu 2019 diharapkan berjalan dengan baik dibandingkan pemilu tahun tahun sebelumnya,” harap Benny.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });